Mengenal 10 Jenis Buah Kurma Paling Populer karena Kelezatannya

Setelah Kementerian Agama menggelar Sidang Isbat penentuan tanggal 1 Ramadhan umat islam akan melaksanakan Melaksanakan Ibadah Puasa Ramadhan pada tahun ini, Dan sudah jadi kebiasaan saat berpuasa sebagai hidangan pembuka di awali dengan buah manis seperti kurma. Kali ini secara khusus membahas tentang macam-macam jenis buah kurma yang terkenal akan rasa manisnya.

Buah kurma dipercaya mengandung banyak manfaat, tidak hanya sebagai makanan penghilang rasa lapar, kurma juga diyakini memiliki manfaat untuk kesuburan. Tanaman yang tumbuh subur di wilayah subtropis ini sudah dikenal masyarakat Timur Tengah sejak 6.000 SM. Tetapi, buah kurma atau Dates baru mendunia pada abad ke-18.

Ada ratusan jenis kurma yang ada di dunia dan 38 jenis yang cukup populer. Namun yang masuk ke pasar Indonesia hanya sekitar 16 jenis kurma saja. Pohon kurma juga sudah bisa di tanam di iklim tropis syaratnya kondisi panas yang cukup dan daerah pantai dengan iklim yang panas sangat cocok untuk tumbuh, tapi di pondok kelapa jaktim, bekasi dan banyuwangi bukan iklim pantai buah kurma pun bisa tumbuh dan berbuah.

Terdapat 1,400 jenis kurma di seluruh dunia dan daripada jumlah itu, di bawah ini merupakan jenis kurma yang paling terkenal dan bermutu-tinggi.

1. Kurma Ajwah


Di pasaran, kurma jenis ini menjadi kurma dengan predikat tertinggi dari segi harga. Kurma Ajwah kebanyakan tumbuh di kota Madinah, Saudi Arabia. Kurma Ajwah memiliki bentuk yang lebih kecil dengan warna yang juga lebih hitam. Dipercaya, kurma jenis ini merupakan kurma favorit Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wassalam. Tahukah kamu? Makan tujuh kurma ajwa setiap pagi dapat menangkal racun dan magis. Hal ini berdasarkan hadits Rasulullah shallallahu 'alaihi wassalam.

“Barangsiapa mengkonsumsi tujuh butir kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir.”

2. Kurma Deglet Noor


Kurma yang berwarna kuning keemasan ini merupakan varietas unggul dan sangat terkenal di Algeria, Tunisia, Amerika, dan Libya. Nama dari kurma yang satu ini berarti cahaya yang diambil dari warnanya yang menyerupai sinar matahari. Bagi kamu yang tak suka manis, kurma ini adalah alternatifnya, karena rasanya tak terlalu manis dan dagingnya juga tak terlalu keras.

3. Kurma Amer Hajj


Kurma jenis ini biasanya tumbuh di Irak. Kurma ini biasa disebut dengan Amir Haji. Jenis kurma ini memiliki daging yang sangat lembut dan juga tebal. Dalam beberapa tradisi kurma jenis ini sering dikenal dengan "welcome kurma", atau kurma yang dihidangkan untuk menyambut tamu.

4. Kurma Mozafati


Kurma jenis ini memiliki masa simpan yang lama, bahkan hingga 2 tahun jika disimpan di suhu minus 5 derajat. Kurma Mozafati merupakan jenis kurma yang berwarna gelap, bertekstur lembut, dan berukuran sedang. Sesuai namanya kurma ini banyak dikembangkan di daerah Mozafati.

5. Kurma Halawi


Disebut juga sebagai kurma Holwah yang berarti manis dalam bahasa Arab. Kurma Halawi memiliki rasa yang sangat manis jika dibanding dengan jenis kurma lainnya. Nah, jika kamu memakan buah kurma dan rasanya sangat manis, kemungkinan besar kurma itu berjenis ini.

6. Kurma Umelkhashab


Memiliki kombinasi rasa manis dan sedikit pahit. Kurma jenis ini berasal dari Saudi Arabia. Selain rasa yang unik, Umelkhashab berwarna sedikit kemerahan.

7. Kurma Thoory


Biasa juga disebut sebagai kurma Thuri. Di Indonesia, sering kali di temui jenis kurma thoory atau Thuri ini. Ini karena sifatnya yang dapat bertahan lama. Kurma yang populer di Algeria ini berwarna sedikit cokelat kemerahan, dan kulit yang cenderung kering keriput. Ciri utamanya adalah daging serta buahnya yang sangat kering, bahkan sangking keringnya, kulit pada kurma ini cenderung keras dan susah dimakan. Namun, rasa dagingnya manis dan hampir mirip dengan kacang.

8. Kurma Zaghloul


Memiliki bentuk yang panjang dan agak lonjong. Warnanya merah gelap dan sangat manis. Istimewanya, rasa manis dari kurma ini masih melekat di lidah. Kurma ini termasuk varietas kurma yang eksklusif dan harganya mahal di Mesir. Bahkan, hanya orang-orang tertentu saja yang mengonsumsinya.

9. Kurma Sekkeri


Kurma jenis ini berwarna cokelat gelap, dengan daging buah yang sangat lembut dan rasa manis yang khas. Daging kurma yang satu ini memilki rasa sangat istimewa tak heran bila harganya lebih mahal dibandingkan jenis kurma yang lainnya.

10. Kurma Saidy


Kurma jenis ini memiliki tekstur dan bentuk yang hampir sama dengan kurma sekkeri. Dengan daging buah yang sangat lembut dan rasanya yang manis menjadikan kurma Saidy merupakan kurma yang populer di negara Libya.

Tag : Ragam
0 Comments for "Mengenal 10 Jenis Buah Kurma Paling Populer karena Kelezatannya"

*Berkomentarlah yang Baik dan Sopan
*Silahkan Beri Tanggapan Sesuai Topik Artikel diatas
*Dilarang SPAM dan Menyertakan Link Aktif

Back To Top