5 Cara Mudah Membuat Ketupat Supaya Bertahan Lebih Lama Tidak Cepat Basi dan Berlendir

Hari Lebaran atau hari raya Idul Fitri tinggal sebentar lagi, Menu Ketupat jadi ciri khas makanan saat lebaran tiba. Seringkali kamu membuat sendiri ketupat untuk dikonsumsi sendiri tapi mungkin itu tidak bisa langsung dihabiskan sekali makan. Nah, itu bakal sayang banget kalau ketupat bikinan kamu jadi basi dan berlendir. Tips-tips ini bisa membantu kamu membuat ketupatmu bertahan lebih lama nih!

1. Celupkan ketupat yang baru matang ke air dingin


Dengan cara ini diyakini ketupat bisa bertahan lebih lama. Jadi ketupat yang baru matang, bisa langsung dicelupkan ke dalam air dingin atau air es selama beberapa saat. Dengan begini proses pemanasan ketupat bisa segera berhenti dan dapat dingin sempurna.

2. Ketupat digantung atau diangin-anginkan


Setelah ketupat selesai dimasak atau setelah dicelupkan ke air dingin, segera angin-anginkan agar kandungan airnya berkurang. Dengan cara ini ketupat tidak akan cepat basi. Pastinya perlu digantung di tempat yang sekiranya bersih dan bebas dari debu.

3. Simpan ketupat dalam kulkas


Ini bisa jadi cara yang paling mudah. Menyimpan ketupat dalam kulkas bisa membuatnya lebih tahan lama. Nanti ketika mau mengonsumsi bisa tinggal dihangatkan kembali.

4. Hindari penyimpanan di tempat lembap


Disimpan di tempat lembap, ketupat bisa cepat basi. Jadi pastikan saat menyimpannya menggunakan wadah yang bersih dan tidak lembap. Sirkulasi udara juga harus baik agar ketupat tahan lama.

5. Dikukus kembali


Biasanya ketupat bisa bertahan selama 2-3 hari. Tapi jika ingin membuatnya lebih tahan lama, bisa coba dikukus di hari kedua atau ketiga untuk dikonsumsi di hari selanjutnya. Selama tidak terlalu berair, ketupat bisa tetap aman dikonsumsi.

Itu dia sejumlah tips dasar yang bisa dicoba untuk membuat ketupat lebih tahan lama dan tidak gampang basi.

Tag : Sehat
0 Comments for "5 Cara Mudah Membuat Ketupat Supaya Bertahan Lebih Lama Tidak Cepat Basi dan Berlendir"

*Berkomentarlah yang Baik dan Sopan
*Silahkan Beri Tanggapan Sesuai Topik Artikel diatas
*Dilarang SPAM dan Menyertakan Link Aktif

Back To Top