Mengenal Jasa Pengiriman Uang Hawala Yang Sering Disalahgunakan

Apa Itu Hawala? sebuah sistem remittance yang cukup populer sejak zaman dahulu dan masih di pake di berbagai negara namanya adalah Hawala.

Apa Itu Hawala?


Hawala atau yang juga dikenal sebagai hundi atau di Somalia sebagai xawala atau xawilaad adalah sistem transfer nilai informal yang populer dan tanpa adanya pemindahan dana secara fisik ataupun elektronik, namun berdasarkan kinerja dan harga diri dari jaringan pialang uang yang besar yang dikenal sebagai "hawaladar". Jaringan Halawadar ini tersebar di berbagai negara, namun sebagian besar dari mereka berdomisili di Timur Tengah, Anak benua India, Afrika Utara, dan Tanduk Afrika. Hawala mengikuti tradisi tradisi Islam tapi kegunaanya tidak terbatas kepada muslim saja.

Sejarah Singkat Hawala


Hawala sendiri telah ada sejak abad ke-8 dan telah dipraktekkan oleh pedagang Arab dan Muslim di sepanjang Jalur Sutra dan sekitarnya sebagai langkah perlindungan terhadap pencurian uang yang kerap terjadi di sepanjang Jalur Sutra. Hal ini diyakini telah muncul dalam pembiayaan perdagangan jarak jauh di sekitar pusat perdagangan modal yang sedang berkembang pada periode awal abad pertengahan. Di Asia Selatan, Hawala berkembang menjadi instrumen pasar uang yang lengkap, namun sedikit demi sedikit tergantikan oleh instrumen sistem perbankan formal pada paruh pertama abad ke-20.

Cara Kerja Hawala


Berdasarkan gambar diatas prosedur bagaimana hawala berkeja bisa di urut sebagai berikut:

1). Pengirim apabila ingin mengirim uang akan memberikan sejumlah uang ke halawadar/agent/broker di kotanya(Halawadar A), setelah itu pengirim akan mendapatkan semacam kata kunci yang bisa dipakai penerima untuk mengambil uang nanti.

2). Hawaladar mengirim pesan ke halawadar lainnya(Halawadar B) di kota penerima informasi tentang berapa jumlah uang yang diterima Hawaladar A dari pengirim beserta fee dan juga kata kunci yang digunakan nanti oleh penerima.

3). Pengirim mengirimkan kata kunci and informasi tentang berapa jumlah uang yang akan dikirm ke penerima.

4). Setelah mendapatkan informasi, penerima bisa menemui Hawaladar B dan meminta kiriman namun terlebih dahulu menyebutkan kata kunci. Apabila benar, makan hawaladar B akan memberikan sejumlah uang sesuai dengan informasi yang sudah di dapat.

Setelah itu, penyelesaian utang antara broker hawala dapat mengambil berbagai bentuk, dan tidak perlu mengambil bentuk transaksi tunai langsung.Salah satu fitur unik dari sistem ini adalah bahwa tidak adanya surat sanggup bayar yang dipertukarkan antara hawal.

Karena transaksi tersebut berlangsung sepenuhnya pada sistem kehormatan yang membutuhkan tingkat kepercayaan tanpa batas, hal ini dimungkinan karena Halawadar biasanya terhubung oleh suku, keluarga, desa, atau kelompok etnis yang sama. Tapi kebanyakan Hawaladar adalah usaha kecil, dan Hawala mereka adalah operasi sampingan di samping bisnis utama mereka.

Apabila terjadi kecurangan antar hawaladar atau hawaladar ke klien/pengguna jasa mereka , hawaladar biasanya dihukum dengan ekskomunikasi dan akan "kehilangan kehormatan" - setara dengan hukuman mati secara ekonomi, yang menyebabkan kesulitan ekonomi pada hawaladar tersebut.

Salah satu hasil dari peraturan sosial yang efektif ini adalah bahwa pedagang komoditas di Asia pada era modern mampu memindahkan ratusan juta dolar AS per perdagangan hanya berdasarkan kepercayaan dan komitmen verbal rekan-rekan mereka

Apakah Hawala ilegal?
Ya dan tidak, Hawala adalah hal yang ilegal di banyak negara namun di negara lai, hal tersebut dianggap sebagai bagian dari ekonomi "abu-abu" bahkan legal, selama hawala tersebut sudah di ter-regiterasi di badan pemerintahan.

Hawala menjadi ilegal karena terlihat sebagai bentuk pencucian uang dan bisa digunakan untuk memindahkan kekayaan seseorang secara anonim. Karena transaksi hawala tidak diarahkan melalui bank, mereka tidak dapat diatur oleh instansi pemerintah dan apabila ada permasalahan, maka jalur hukum tidak bisa di tempuh.

Jaringan ini digunakan di seluruh dunia untuk mengedarkan uang hitam dan menyediakan dana untuk terorisme, perdagangan narkoba dan kegiatan ilegal lainnya, meskipun Hawala juga dipakai untuk hal legal seperti mengirim uang para migran ke sanak saudara di kampung halaman tanpa perlu biaya yang selangit.

Mengapa orang masih menggunakan Hawala meskipun ilegal/ berada di wilayah abu-abu?



Terlepas dari kenyataan bahwa transaksi hawala bersifat ilegal di beberapa negara, orang menggunakan metode ini karena beberapa alasan berikut:

1). Tingkat komisi untuk mentransfer uang melalui hawala cukup rendah, selain itu efisien dan terbukti dapat diandalkan selama berabad abad. Hawal itu seperti Western Union tanpa perlengkapan hi-tech dan biaya transfer yang selangit.

2). Tidak ada persyaratan dari bukti dan pengungkapan sumber pendapatan yang ada. Hal ini mengurangi kerepotan untuk mengirim uang.

3). Karena tidak ada pergerakan uang secara fisik, operator hawala memberikan nilai tukar yang lebih baik dibandingkan dengan nilai tukar resmi.

4). Proses transaksi di Hawala sangat sederhana dan tidak merepotkan apalagi kalau kita haru membandingkan dengan dokumentasi ekstensif yang biasanya dilakukan oleh bank di setiap transaksi.

5). Ini adalah satu-satunya cara untuk mentransfer pendapatan yang tidak terhitung

Tag : Unik
0 Comments for "Mengenal Jasa Pengiriman Uang Hawala Yang Sering Disalahgunakan"

*Berkomentarlah yang Baik dan Sopan
*Silahkan Beri Tanggapan Sesuai Topik Artikel diatas
*Dilarang SPAM dan Menyertakan Link Aktif

Back To Top