Fakta Terselubung Smartphone Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui


Smartphone adalah telepon genggam atau Ponsel cerdas yang mempunyai kemampuan dengan pengunaan dan fungsi yang menyerupai komputer. Belum ada standar pabrik yang menentukan arti ponsel cerdas. Bagi beberapa orang, ponsel cerdas merupakan telepon yang bekerja menggunakan seluruh perangkat lunak sistem operasi yang menyediakan hubungan standar dan mendasar bagi pengembang aplikasi.

Bagi yang lainnya, ponsel cerdas hanyalah merupakan sebuah telepon yang menyajikan fitur canggih seperti email/surel (surat elektronik), serta internet dan dilengkapi kemampuan membaca buku elektronik (e-book) atau terdapat papan ketik . Dengan kata lain, ponsel cerdas merupakan komputer kecil yang mempunyai kemampuan sebuah telepon.

Berikut fakta 7 Hal Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui Tentang Smartphone

Dahulu Mempunyai Ukuran Jumbo


Nokia 9000 Communicator adalah cikal bakal wujud smartphone pertama di dunia yang dilengkapi dengan fitur seperti komputer, office, web, dan fungsi mesin faks. ponsel ini pertama kali dijual 15 agustus 1996 seharga $800 di Amerika Serikat.

Lebih Tipis Tapi Canggih


Smartphone yang ada pada saat ini jauh lebih ringan dari pendahulunya. Tapi ini tidak berarti kemampuannya berkurang. Bahkan smartphone kini memiliki kemampuan teknologi komputer yang lebih canggih dibandingkan komputer yang digunakan Apollo 11 untuk mengedit di bulan, hemmm keren kan.

Memburu Penebang Pohon Ilegal


Rainforest Connection sebuah organisasi non pemerintah (NGO), mengunjungi hutan hujan Kalimantan sebagai turis. Dia terkejut mengetahui bahwa di antara suara serangga, kicau burung, ada pembalak liar yang sedang menggergaji pohon, hanya beberapa ratus meter dari stasiun penjaga hutan. Para penjaga tidak bisa mendengar suara gergaji di tengah hiruk-pikuk suara.

Smartphone dapat digunakan untuk mendengar suara gergaji dan mengirim peringatan kepada pihak berwenang secara real time untuk menangkap penebang.

Peramal Cuaca Dunia


Kelompok peneliti dari OpenSignal menemukan bahwa sensor di smartphone Android yang dirancang untuk mengukur suhu baterai, intensitas cahaya dan tekanan juga bisa digunakan untuk memberikan laporan cuaca yang cukup akurat.

Sumber Energi Alternatif


Peneliti Inggris mengembangkan sel bahan bakar yang bisa memproduksi listrik untuk mengecas smartphone "hanya dengan kunjungan satu kali ke toilet". Ponsel bisa digunakan untuk menelepon selama 3 jam dengan 600 mililiter urin, di mana bakteri mengubah cairan menjadi listrik.

Rekor Roaming


Celine Aaronsdari Amerika Serikat menjadi berita beberapa tahun yang lalu setelah menerima tagihan penggunaan smartphonenya. Ia harus membayar $201,000 karena mengirim ratusan SMS saat berlibur di Kanada. Sepertinya ia lupa bahwa menggunakan HP di luar negeri akan terkena biaya roaming.

Kisah Sukses Produsen Smartphone


Ada sekitar 1,9 milyar pengguna smartphone di seluruh dunia. Jumlah ini terus bertambah. Pada kuartal pertama tahun ini saja 349 juta ponsel telah terjual di seluruh dunia. 3,9% lebih banyak dari tahun lalu. Tahun 2015, smartphone yang paling laku adalah Samsung's Galaxy S7, diikuti oleh iPhone 6sdan 6s Plus.

Tag : Teknologi
0 Comments for "Fakta Terselubung Smartphone Yang Mungkin Belum Kamu Ketahui"

*Berkomentarlah yang Baik dan Sopan
*Silahkan Beri Tanggapan Sesuai Topik Artikel diatas
*Dilarang SPAM dan Menyertakan Link Aktif

Back To Top