Peristiwa Sejarah 31 Oktober 1984 Penembakan PM India Indira Gandhi


Peristiwa bersejarah mencatat tepat Hari ini yang terjadi pada 32 tahun silam, Warga India berduka kala itu sang perdana menteri tewas di tembak, Ia tewas terbunuh pada 1984 dalam aksi teror yang dilakukan dua pengawal Satwant Singh dan Beant Singh yang memeluk ajaran Sikhisme. Aksi itu dipicu oleh instruksinya yang memerintahkan tentara menyerang Kuil Emas di Punjab. Kuil itu dijadikan markas para pengikut Sikh yang menginginkan Punjab sebagai negara mereka.


Hidup Sang perdana menteri berahir tragis setelah Ia dibunuh oleh pengawalnya sendiri ketika sedang berjalan-jalan di taman kediamannya di Safdarjung Road, New Delhi. Ia juga merupakan wanita pertama yang menjadi perdana menteri India .

Ia pun jatuh tersungkur. Indira kemudian dibawa ke All India Institute of Medical Sciences (AIIMS-New Delhi) untuk dioperasi. Nahas, nyawanya tidak dapat tertolong setelah 1,5 jam di operasi.

Setelah serangan yang menewaskan seribu orang itu, perempuan kelahiran 19 November 1917 tersebut kerap menerima ancaman pembunuhan.

Indira kali pertama menjabat sebagai Perdana Menteri India periode 1966-1977. Ia kembali memimpin India pada 1980 dan dipuji atas upayanya memberantas kelaparan di daerah pedesaan.

Tag : Peristiwa
0 Comments for "Peristiwa Sejarah 31 Oktober 1984 Penembakan PM India Indira Gandhi"

*Berkomentarlah yang Baik dan Sopan
*Silahkan Beri Tanggapan Sesuai Topik Artikel diatas
*Dilarang SPAM dan Menyertakan Link Aktif

Back To Top