12 Cara Mudah Agar Terhindar Dari Jerawatan


Penyebab jerawat yang jadi masalahmu bisa muncul dari sejumlah kebiasaan sehari-hari. Sejumlah hal ini tanpa kamu sadari dilakukan setiap hari dan menyebabkan munculnya masalah lebih lanjut. Masalah jerawat ini sendiri merupakan suatu hal yang dialami oleh siapa saja. Hal ini terjadi baik oleh orang dewasa maupun remaja. Penyebab jerawat ini bisa tanpa disadari kamu lakukan pada seluruh tubuhmu. Hal ini menyebabkan jerawat muncul baik pada wajah maupun bagian lain seperti punggung, kulit kepala atau kadang pantat. Kebiasaan menyentuh dan mencoba memecah jerawat juga bisa membuat hal ini semakin parah dan memburuk. Berikut sejumlah penyebab jerawat pada kehidupan sehari-hari yang sebaiknya kamu hindari.

Terlalu Sering Mencuci Wajah

Mencuci wajah terlalu sering bukannya bisa membuat bersi namun bisa menjadi penyebab jerawat. Ketika terlalu sering mencuci wajah, bisa membunuh bakteri baik pada kulit yang melembapkan dan melindungi kulit. Hal ini kemudian menjadi penyebab jerawat ini muncul di wajah.

Selain sabun, hindari juga penggunaan scrub secara berlebih untuk mencuci wajah. Pasalnya, hal ini bisa menyebabkan dampak yang juga buruk pada kulit.

Pemakaian Helm


Memakai helm dalam waktu yang lama akan menciptakan kelembaban berlebihan yang kemudian menyebabkan penyumbatan pori-pori di kulit wajah. Hal ini bisa meningkatkan risiko munculnya jerawat, terutama di dahi.

Kosmetik


Ketika rentan berjerawat, pilihan kosmetik khusus terutama yang berlabel for oily and acne prone skin sangat penting dilakukan. Hal ini utnuk mencegah penyumbatan pori-pori dan penumpukkan komedo yang menjadi penyebab jerawat.

Ponsel


Ponsel atau smartphone merupakan salah satu hal yang tidak bisa dihindari orang pada saat ini. Ponsel bisa menjadi sarang kuman dan menggunakannya dalam waktu lama terutama ketika menelpon bisa menjadi penyebab kamu lebih rentan mengalami jerawat.

Produksi Sebum Berlebih


Normalnya sebum berfungsi mencegah kulit kering, yang secara alami diproduksi oleh kelenjar minyak. Ketika mengalami gangguan produksi minyak berlebih, pori-pori dan folikel rambut bisa bergabung dengan bakteri, debu, ataupun sel kulit mati, sehingga menimbulkan jerawat.

Tali Bra yang Terlalu Ketat


Tekanan karena tali bra yang terlalu ketat akan menyebabkan akumulasi keringat di kulit. Hal tersebut akan memunculkan jerawat terutama di punggung.

Konsumsi Obat-Obatan


Beberapa obat seperti litium, kortikosteroid, atau obat anti kejang, baik obat minum maupun oles bisa menjadi penyebab munculnya herawat ini. Obat tersebut memiliki efek samping, daya tahan tubuh menurun, aktivitas bakteri patogen meningkat, dan menimbulkan jerawat

Pakaian Dalam yang Ketat


Perhatikan pakaian dalammu dan pastikan jangan menggunakan yang terlalu ketat. Pasalnya, hal ini bisa membuat kulit berkeringat dan lembap yang jadi penyebab munculnya jerawat, terutama di area vital.

Menyentuh Wajah dengan Tangan Kotor


Menyentuh wajah secara sembarangan terutama tanpa membersihkan tangan bisa menjadi penyebab munculnya jerawat. Tanpa kamu sadari, bakteri dan berbagai kotoran bisa muncul di tangan dan kemudian berpindah ke wajah dan menyumbat pori-pori bersama minyak sehingga menimbulkan masalah jerawat.

Produk untuk Rambut


Penggunaan hair spray bisa berdampak pada pada kulit di dahi sehingga menyumbat pori-pori yang memunculkan jerawat. Penggunaan kondisioner juga bisa menyebabkan masalah pada wajah yang menyebabkan munculnya jerawat.

Stres


Stres bisa menjadi salah satu penyebab jerawat secara tidak langsung. Ketika seseorang mengalami stres, tubuh bakal memproduksi minyak secara berlebih sehingga menyebabkan kamu lebih rentan mengalami jerawat.

Penggunaan Headband


Hal ini bisa jadi kabar buruk bagi kamu yang senang berolahraga. Memakai headband yang terlalu ketat dalam waktu lama akan membuat keringat terjebak dan terjadi penyumbatan pori. Jerawat pun muncul.

Sejumlah hal tersebut bisa menjadi penyebab jerawat yang muncul tak terkendali. Oleh karena itu, pastikan untuk menghindarinya untuk mencegah masalah ini.

Tag : Sehat
0 Comments for "12 Cara Mudah Agar Terhindar Dari Jerawatan"

*Berkomentarlah yang Baik dan Sopan
*Silahkan Beri Tanggapan Sesuai Topik Artikel diatas
*Dilarang SPAM dan Menyertakan Link Aktif

Back To Top