Mahendra Ahirwar Penderita Miopati kongenital Kepala Miring 180 Derajat


Terlahir dengan kelainan langka yaitu miopati kongenital. Mahendra Ahirwar (13), seorang bocah laki-laki asal Madhya Pradesh, India Kelainan ini membuat otot-otot di lehernya sangat lemah sehingga tak bisa menopang kepalanya. Akibatnya, kepala Mahendra miring 180 derajat dan posisinya seperti menggantung terbalik.


Orangtua Mahendra, Mukesh Ahirwar (41) dan Sumitra Ahirwar (36) sudah berusaha membawa anaknya ke 50 dokter di India. Tetapi, tidak ada dokter yang bisa membantu menegakkan leher Mahendra.

Meski telah berusia 13 tahun, untuk kegiatan sehari-hari Mahendra belum bisa makan dan mandi sendiri. Setiap hari, ia selalu dibantu oleh ibunya untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Mahenda juga sering mengeluh kesakitan.

Muskesh dan Sumitra sempat menyerah dan berharap sang anak meninggal dunia saja agar tak mengalami penderitaan panjang.

Kehidupan Mahendra ternyata menyentuh hati Julie Jones, seorang donatur dari Liverpool. Julie melakukan penggalangan dana dan berhasil mengumpulkan uang untuk biaya operasi Mahendra.

Mahendra kemudian dibawa dari desa tempatnya tinggal ke ibukota India untuk mendapat pengobatan. Ia ditangani oleh dokter bedah tulang belakang dari Rumah Sakit Apollo di Delhi, Dr Rajagopalan Krishnan. Rajagopalan sering menangani kasus-kasus ekstrem di India.

Rajagopalan dan timnya melakukan cangkok tulang dari panggul untuk leher Mahendra agar bisa berdiri tegak. Operasi dilakukan sangat hati-hati karena berisiko pada kematian. Operasi pun berjalan lancar selama 10 jam.

Setelah operasi ini, orangtua Mahendra berharap anaknya bisa ikut bermain bersama teman-temannya dan bisa lebih mandiri. Mereka berharap hidup Mahendra berubah menjadi lebih baik.

Tag : Peristiwa
0 Comments for "Mahendra Ahirwar Penderita Miopati kongenital Kepala Miring 180 Derajat"

*Berkomentarlah yang Baik dan Sopan
*Silahkan Beri Tanggapan Sesuai Topik Artikel diatas
*Dilarang SPAM dan Menyertakan Link Aktif

Back To Top