Orang Ini Sukses Membuat Alat Bantu Canggih Sendiri Untuk Anggota Tubuhnya

Mahluk hidup seperti manusia yang terlahir didunia ini hampir tak ada yang memiliki tubuh yang kurang sempurna. Tak heran, amputasi atau kecacatan dari lahir dan karena suatu hal pun seakan menjadi mimpi buruk bagi kebanyakan orang. Namun sayang banyak yang putus asa dengan kekurangan itu, tetapi tak sedikit pula yang mempunyai ide kreatif dan pantang menyerah sehingga bisa menciptakan organ buatan sendiri, agar memudahkan untuk beraktivitas sehari-hari tidak bergantung pada orang disekelilingnya.

Diambil dari berbagai sumber, berikut orang yang sukses dengan alat bantu hasil bikinan sendiri.

Christina Stevens membuat kaki dari Lego
Christina Stevens harus rela kehilangan setengah dari kaki kirinya akibat kecelakaan yang ia alami tahun 2013 lalu. Ia pun terpaksa menjalani amputasi karena kakinya luka parah saat mengerem mobilnya.


Mark Lesek Membuat lengan prostetis

Sebuah kecelakaan mobil di tahun 2008 mengubah hidup seseorang bernama Mark Lesek. Kejadian itu menuntunnya ke amputasi lengan kanannya. Sialnya lagi, dokter yang saat itu menanganinya mengatakan Mark tak bisa menggunakan alat bantu artifisial karena tidak cocok ke badannya.


Pria yang bekerja di Dynamic Welding & Engineering, pabrik pengelasan dan bengkel, itu kemudian nekat membikin lengan prostetis sendiri yang dibutuhkan tubuhnya. Dibantu oleh teman kerjanya dan University of Tasmania, Mark pada akhirnya bisa mempunyai lengan prostetis yang pas.

Sun Jifa dari Tiongkok membuat dua tangan bionik

Butuh enam tahun bagi Sun Jifa untuk membuat dua tangan palsu bagi dirinya yang diamputasi pada tahun 2012. Saat ia sedang merangkai bom homemade, tiba-tiba bom itu meledak dan merusak dua tangannya.


Karena datang dari kalangan yang kurang berada, ia tak bisa pergi ke rumah sakit. Pria asal Tiongkok itu lalu memproduksi sepasang tangan dari logam yang mampu mencengkeram. Sun juga berkeinginan untuk mengembangkan desain ini sehingga bisa digunakan orang-orang yang membutuhkan seperti dirinya.

Richard Van As lelaki Afsel Membuat Jari Artifisial


Richard Van As, pria asal Afrika Selatan, kehilangan hampir semua jarinya akibat sebuah kecelakaan kerja. Untungnya, ia mendapat bantan dari Ivan Owen, warga AS yang terkesan dengan ide soal tangan mekanik yang diunggah Richard di YouTube.

Mereka lalu melakukan kolaborasi jarak jauh dengan beragam cara, mulai bertukar email, foto, hingga berkomunikasi via Skype, untuk membuat sebuah prototip produk tersebut. Richard tak mematenkan teknologi jari artifisial ini dengan harapan bisa dimanfaatkan lebih banyak orang di dunia untuk riset.

Mike Schultz Membuat kaki palsu dari spare part sepeda

Mike Schultz dijuluki Monster karena mampu menggondol beberapa penghargaan di ajang X Games untuk snowmobile dan motorbike. Sayangnya di akhir tahun 2008, Mike mengalami kecelakaan saat balapan snowmobile berlangsung harus kehilangan kaki kirinya.


Walau sempat memiliki kaki prostetis, Mike berniat membuat kaki artifisial sendiri. Ia mulai mengumpulkan spare part dari pabrik sepeda gunung dan berhasil menciptakan kaki buatannya setelah menanti selama tujuh bulan. Mike bahkan sempat kembali ke arena balap dan menggondol emas dan silver di beberapa cabang.

I Wayan Sumardana Tangan Robot Iron Man Dari Bali

Vonis lumpuh total dari dokter pada tangan kiri I Wayan Sumardana alias Tawan mengubah hidup pria asal Banjar Tauman, Bali, itu. Pria yang bekerja sebagai tukang las itu pun bersikukuh merancang robot penggerak tangan kirinya yang lumpuh. Hebatnya, Tawan bisa membuat tangan robot itu dari barang rongsokan, contohnya shock sepeda motor dan komponen komputer bekas.


Tangan robot EEG buatan Tawan diklaim mampu mengangkat besi berbobot sekitar 10kg. Tangan robot itu dikendalikannya lewat otaknya sendiri.

0 Comments for "Orang Ini Sukses Membuat Alat Bantu Canggih Sendiri Untuk Anggota Tubuhnya"

*Berkomentarlah yang Baik dan Sopan
*Silahkan Beri Tanggapan Sesuai Topik Artikel diatas
*Dilarang SPAM dan Menyertakan Link Aktif

Back To Top