Bocah Super Gemuk Berbobot 190 kg Asal Karawang

Arya Permana (10), penderita severe obesity, lahir dengan barat badan normal 3,8 kg. Seperti anak lainnya, tidak ada yang aneh dengan tumbuh kembang Arya, Di usia 4 ke 5 tahun, tumbuh cukup drastis. Pada umur 8 ke 10, naik 72 kg. Idealnya untuk anak seusia Arya Permana, dengan tinggi badan sekitar 1,47 meter maka berat badan adalah kurang lebih 50 kg.

Dengan bobot sedemikian besar, Arya hanya mampu berjalan sejauh 30 meter, Ia juga sulit berdiri, berjalan, dan berpakaian sendiri. Tidurnya pun hanya bisa telungkup.

Ia makan mi instan tiap hari, dan sekali makan 2 bungkus. Arya juga gemar mengonsumsi minuman manis kemasan sebanyak 20 kotak sehari dan es krim.

Total kalori yang dikonsumsi dalam sehari menurut dietary recall mencapai 6.000 KKal, sebelum diet dilakukan. Tiga bulan terakhir setelah ia diet, jumlah yang dikonsumsi 3.000 KKal.

Sejak 4 bulan lalu, Arya disarankan diet, dan berat badannya turun 4 kg.

"Sempat cuti perawatan karena Lebaran, sekarang berat badannya naik lagi," kata sang ayah.

Saat ini tim yang beranggotakan 13 dokter spesialis akan berupaya menurunkan berat badannya. Ke-13 dokter berlatar belakang bidang gizi anak, endokrin anak, tumbuh kembang anak, patologi klinik, radiologi, bedah anak, ortopedi, psikiatri anak, gizi, dan rehabilitasi medik.

Bahkan India bersedia atau menawarkan bantuan pengobatan untuk Arya Permana (10) bocah asal Desa Cipurwasari Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang yang mengalami obesitas.

Namun ia meyakini kemampuan tim dokter dari Rumah Sakit Umum Pemerintah Hasan Sadikin Bandung tidak kalah dengan kemampuan dokter dari luar terkait penanganan medis untuk bocah obesitas tersebut.

Tag : Sehat
0 Comments for "Bocah Super Gemuk Berbobot 190 kg Asal Karawang"

*Berkomentarlah yang Baik dan Sopan
*Silahkan Beri Tanggapan Sesuai Topik Artikel diatas
*Dilarang SPAM dan Menyertakan Link Aktif

Back To Top