Umur Manusia Tak Ada Apa-apanya Dibanding 6 Hewan Ini Yang Memiliki Umur Paling Panjang


Diperkirakan ada 8,7 juta spesies hewan termasuk manusia yang tinggal dibumi ini, Angka tersebut menggambarkan kita begitu banyaknya berbagai macam jenis mahluk hidup yang saling berbagi tempat untuk memadati bumi ini. Namun dari jumlah sebanyak itu hanya ada sedikit saja yang berumur panjang di atas 70 tahun. sebagai contoh hewan yang diketahui bisa mencapai umur panjang adalah Gajah Afrika (Loxodonta) yang konon Rata-rata umur gajah yang memiliki tinggi bisa mencapai 3,3 meter ini diperkirakan mempunyai umur sekitar 70 tahun.

Namun tahu kah kamu bila ada beberapa spesies hewan yang berumur dua kali lipat dari gajah Afrika. Bahkan, ada satu hewan yang dikenal ilmuwan dapat menghindari maut alias dekat dengan keabadian.

1. Kura-kura Galapagos

Kura-kura yang pertama ditemukan bangsa Spanyol di tahun 1535 ini disebut ilmuwan mampu hidup hingga 152 tahun. Umur panjang membuat kura-kura ini dapat tumbuh sampai panjang 1,5 meter dan bobot 225 kilogram lebih. sayangnya kura-kura raksasa Galapagos terakhir di Galapagos National Park mati di usia 100 tahun. Kura-kura bernama George itu sebelumnya sudah hidup sendiri hingga dilaporkan mati tanggal 26 Juni 2012 lalu.

2. Paus Bowhead

Laut Kutub Utara dan Greenland menjadi rumah bagi paus Bowhead, hewan yang memiliki umur hingga 200 tahun lebih. Fakta ini menjadikan Bowhead sebagai mamalia dengan umur terpanjang.Ilmuwan bahkan mencatat bila paus Bowhead bisa hidup hingga ratusan tahun tanpa terkena penyakit. Satu-satunya penyebab eksternal paus ini mati adalah diburu manusia dan paus Orca.

Selain umur panjang, paus Bowhead juga terkenal karena mempunyai mulut terbesar di dunia meski ukurannya hanya setengah dari paus Biru.

3. Hiu Greenland

Tim ilmuwan yang dipimpin oleh Universitas Copenhagen mempublikasikan penemuan hiu Greenland jantan berumur 400 tahun dan betina berumur 392 tahun di kawasan samudra Atlantic bagian utara. Hiu ini lantas disebut sebagai hewan vertebrata (bertulang belakang) dengan umur terlama. Hiu Greenland adalah pemangsa yang makanan utamanya terdiri dari ikan-ikan kecil, udang, bahkan tidak jarang mereka memangsa sesama (kanibalisme).

4. Kerang Islandia

Pada tahun 2006 lalu, ilmuwan menemukan spesies kerang dengan umur terpanjang di dunia saat melakukan ekspedisi ke Islandia. Sebelum mati, kerang spesies Arctica islandica ini diklaim berumur 507 tahun!. Kerang ini oleh ilmuwan diberi nama 'Ming'. Nama ini diambil dari era Dinasti Ming di China yang muncul bersamaan dengan lahirnya si kerang.

Menariknya, saat memulai penelitian kerang Islandia di tahun 1980an, ilmuwan tidak sadar bila kerang ini umurnya tembus 100 tahun. Untuk mengetahui umur si kerang, ilmuwan meneliti banyaknya garis-garis guratan di cangkangnya.

5. Koral Hitam

Spesies terumbu karang yang masuk daftar hewan terancam punah ini mempunyai umur panjang, sampai 2000an tahun. Koral hitam banyak ditemukan di laut tropis dan beberapa kawasan laut Selandia Baru. Di tahun 2009, ilmuwan melaporkan penemuan Koral Hitam jenis Leiopathes yang berumur 4.265 tahun saat melakukan ekspedisi laut dalam di Hawaii. Dalam laporan itu, Koral Hitam Leiopathes itu disebut tumbuh 4-35 mikro meter per tahun.

6. Ubur-ubur Turritopsis

Ini dia hewan yang diklaim ilmuwan dapat menghindari maut, Turritopsis dohrnii. Ubur-ubur yang hidup di laut Mediterania ini mempunyai siklus hidup dengan sebutan 'transdifferentiation' yang membuatnya hidup abadi. Siklus ini membuat ubur-ubur Turritopsis yang sudah dewasa tidak mati, melainkan berubah menjadi polip yang nantinya akan tumbuh menjadi ubur-ubur, begitu seterusnya.

Meskipun abadi, ubur-ubur ini masih rentan terhadap serangan predator lain mengingat ukuran kecilnya (hanya 4,5 milimeter). Hewan ini menggunakan tentakelnya yang bisa mencapai 90 buah untuk memangsa telur ikan dan plankton.

Tag : Unik
0 Comments for "Umur Manusia Tak Ada Apa-apanya Dibanding 6 Hewan Ini Yang Memiliki Umur Paling Panjang"

*Berkomentarlah yang Baik dan Sopan
*Silahkan Beri Tanggapan Sesuai Topik Artikel diatas
*Dilarang SPAM dan Menyertakan Link Aktif

Back To Top