6 Penemuan Benda Sejarah Yang Masih Menjadi Misteri Hingga Saat Ini


Peradaban manusia membentang selama beberapa ribu tahun lamanya oleh karena itu para sejarawan tidak akan pernah tahu semua rahasia tentang masa lalu yang pernah dikerjakan manusia pada jaman nya. Artefak yang ditemukan selama penggalian arkeologi kadang-kadang malah menimbulkan pertanyaan yang membingungkan, bahkan bagi para ahli yang paling pintar sekalipun. Lantas, benda-benda apa saja yang ditemukan namun belum bisa dijelaskan oleh ilmuwan itu?

1. Batu raksasa berbentuk bulat sempurna dari Kosta Rika




Batu-batu misterius dari Kosta Rika ini telah membuat penasaran sejarawan dan arkeolog selama bertahun-tahun. Tidak hanya karena bentuk bulat sempurna mereka, tetapi juga karena asal-usul yang tidak diketahui dan tujuan keberadaannya.

Para pekerja perkebunan pisang menemukan batu-batu ini pada tahun 1930 saat mereka sedang membuka lahan di hutan.

Legenda lokal mengatakan batu-batu bulat ini mengandung emas. Tapi ketika diledakkan dengan dinamit, mereka tidak menemukan apa-apa.

Tak satu pun yang tahu siapa yang membuat batu-batu tersebut, atau tujuan keberadaannya. Batu-batu bulat ini diduga melambangkan benda langit yang diamati oleh budaya kuno, atau disajikan sebagai penanda antara wilayah suku yang berbeda.

2. Baterai kuno dari Irak




Orang-orang Irak kuno yang dikenal sebagai Bangsa Mesopotamia sepertinya telah mendahului zamannya tentang bagaimana menciptakan listrik. Pada tahun 1930an, sebuah artefak misterius ditemukan selama penggalian arkeologi tidak jauh dari Kota Baghdad.

Artefak itu kemudian dikenal sebagai Baterai Baghdad yang berbentuk kendi setinggi 13 cm dengan batang besi berkarat menonjol dari mulutnya. Selain itu sebuah silinder tembaga juga ditemukan di dalam kendi itu. Dan di dalam silinder tembaga itu ada batang besi lainnya.

Setelah mempelajari konstruksinya, para ahli yakin bahwa kendi itu adalah baterai kuno yang bisa menghasilkan aliran listrik sebesar 1 volt.

Menurut salah satu teori, baterai seperti itu kemungkinan digunakan untuk proses pelapisan emas dengan bantuan listrik. Tapi para ahli masih heran bagaimana teknologi seperti itu bisa terlupakan di zaman-zaman setelahnya, dan mengapa tidak ada benda serupa pernah ditemukan di wilayah-wilayah sekitar Mesopotamia.

3. Naskah Voynich




Naskah Voynich mungkin adalah buku yang paling misterius di dunia. Penulisnya tidak diketahui, dan ditulis dalam bahasa yang tak terbaca. Selain itu, halaman naskah itu penuh dengan simbol-simbol yang sulit dijelaskan dan ilustrasi yang aneh.

Yang membuat naskah ini semakin aneh adalah tulisannya menggunakan alfabet yang benar-benar unik yang tidak memiliki kesamaan dengan sistem penulisan yang pernah dikenal.

Huruf-huruf yang sulit dimengerti ini telah membingungkan kriptografer sepanjang abad ke-20 dan masih belum diterjemahkan hingga hari ini.

4. Patung emas mini Suku Inca




Patung-patung emas berbentuk hewan misterius yang ditemukan di Amerika Selatan ini mengingatkan pada salah satu bentuk pesawat terbang. Ini sulit dipercaya. Apa yang telah menginspirasi Suku Inca membuat figur mini seperti pesawat terbang ini masih belum diketahui.

Pada tahun 1996, konstruktor model pesawat asal Jerman Algund Eeboom dan Peter Belting muncul dengan hipotesis bahwa patung-patung mini itu adalah mesin terbang.

Untuk membuktikan, Eeboom dan Belting membangun replika yang sama persis dalam ukuran skala 16. Replika patung Suku Inca itu dilengkapi dengan mesin dan sistem kontrol radio.

Dua model replika yang dibuat itu tidak hanya bisa terbang dengan sukses, tapi juga melakukan manuver, bahkan meski mesinnya telah dimatikan.

5. Cakram Genetik




Artefak yang luar biasa ini mampu memperlihatkan objek dan proses yang ilmuwan modern hanya mampu melakukannya melalui mikroskop.

Secara khusus, cakram itu mungkin 'cakram genetik' yang dibuat untuk menunjukkan konsepsi dan perkembangan embrio manusia. Selain itu, pahatan pada cakram itu menggambarkan kepala manusia dalam versi yang benar-benar aneh.

Cakram tersebut dibuat dari materi yang sangat kuat yang tak seorang pun tahu bagaimana memproduksinya. Yang secara teori tidak mungkin dibuat oleh masyarakat kuno.

6. Mesin Antikythera




Mesin Antikythera adalah salah satu mekanisme komputasi tertua yang pernah ditemukan. Ini mungkin komputer analog pertama dalam sejarah, yang memiliki desain yang sangat kompleks.

Setelah penelitian puluhan tahun, sejarawan menyimpulkan bahwa Antikythera dibuat untuk menunjukkan posisi Matahari dan Bulan serta pergerakan planet-planet di langit.

Tidak itu saja, Antikythera dibuat untuk memprediksi gerhana Matahari dan Bulan, atau bahkan peristiwa penting di Bumi, seperti Olimpiade Kuno.

Namun muncul kontroversi tentang Antikythera ini. Banyak yang menanyakan peradaban kuno apa yang mampu menghasilkan perangkat yang kompleks seperti itu pada periode sebelum Antikythera muncul.

Beberapa ahli menyatakan bahwa desain Antikythera yang terdiri dari kumpulan gigi perunggu dipengaruhi perangkat serupa untuk milenium berikutnya.

Tag : Aneh, Misteri
0 Comments for "6 Penemuan Benda Sejarah Yang Masih Menjadi Misteri Hingga Saat Ini"

*Berkomentarlah yang Baik dan Sopan
*Silahkan Beri Tanggapan Sesuai Topik Artikel diatas
*Dilarang SPAM dan Menyertakan Link Aktif

Back To Top