7 Jebakan Mengerikan Sekaligus Mematikan Untuk Pasukan Amerika Saat Perang Vietnam

Perang Vietnam atau juga disebut dengan perang Indocina Kedua, merupakan perang yang terjadi antara tahun 1957 dan 1975 di wilayah Vietnam. Perang ini adalah bagian dari Perang Dingin antara dua kubu ideologi besar, yaitu Komunis dan SEATO (Southeast Asia Treaty Organisation). Perang ini tentunya menimbulkan jumlah korban meninggal yang cukup banyak, diperkirakan lebih dari 1 juta jiwa. Banyaknya korban yang berjatuhan tidak lepas dari perangkap-perangkap mengerikan dan juga mematikan yang dibuat oleh tentara Viet Cong dan juga pihak lawan untuk menjebak para lawannya.

Kita semua pasti pernah menonton film Rambo atau paling tidak kita pernah mendengar gimana kehebatan Om Slyvester dalam membebaskan tahanan Amerika di penjara Vietkong yang kala itu tengah bergejolak. Sebenarnya alasan Amerika pada tahun 60an menyerang Vietnam adalah untuk menangkal ideologi komunis Rusia yang pada saat itu tengah berkembang subur di Asia Tenggara.

1. Perangkap kaki


Apabila tidak waspada, pasukan Amerika dapat merasakan pedihnya siksaan ini. Jebakan ini mengincar kaki serdadu lawan. Sekali masuk perangkap, kemungkinan tentara itu dapat kehilangan kakinya. Mengerikan bukan?

2. Lubang Jebakan


Demi mempertahankan wilayahnya, rakyat Vietnam siap melakukan apa saja. Salah satu taktik mereka yakni membuat lubang di tanah dan menutupinya maka lawan tidak akan menduga jika tubuh mereka berpijak pada tanah yang berlubang. Jebakan macam ini sangat sering kelihatan di film Hollywood.


3. Besi Tajam Untuk Kaki


Serupa dengan perangkap nomer satu, jebakan ini pun mengincar kaki. Besi-besi tajam ini ditanam di bumi dan siap menusuk kaki siapapun yang menginjaknya. Jelas sepatu boot tentara tidak akan bisa menahan tusukan besi setajam itu.

4. Kayu Bertanduk


Perangkap yang terlihat pada photo di atas tidak asing kan? Ya, potongan pohon bertanduk tajam ini memang sering terlihat di adegan film Hollwood. umumnya potongan pohon itu dikaitkan dengan tali dan siap menghujam jikalau mendapatkan respon dari lawan.

5. Cengkraman Maut


Lawan tentara Vietnam memang harus berhati-hati ketika berjalan. Sekali saja melakukan kesalahan, perangkap seperti poto diatas siap meneror. Entah apa yang harus dilakukan kalau kaki terlanjur masuk perangkap.

6. Ranjau



7. Bola paku


Nah kalau ini lebih gila lagi, disaat tentara Amerika tidak mengerti medan pertempuran di tengah hutan, banyak tentara yang akhirnya tewas tertusuk jarum-jarum dari bola paku ini, dikabarkan ribuan tentara Amerika gugur akibat jebakan ini.

Hiiii ngeri banget kan? Itulah tujuh jebakan dari sekian banyak jebakan yang tersebar di wilayah Vietnam, selain kurang pahamnya medan, jebakan-jebakan inilah yang bikin tentara Amerika terpaksa harus mengakui kehebatan militan Vietkong.

Tag : Peristiwa
0 Comments for "7 Jebakan Mengerikan Sekaligus Mematikan Untuk Pasukan Amerika Saat Perang Vietnam"

*Berkomentarlah yang Baik dan Sopan
*Silahkan Beri Tanggapan Sesuai Topik Artikel diatas
*Dilarang SPAM dan Menyertakan Link Aktif

Back To Top