7 Daftar Artis Yang Pernah Memerankan Tokoh Pahlawan Bangsa di Film

Ada banyak cara untuk menghidupkan kembali jejak pejuang, para pahlawan yang telah mengorbankan diri mereka demi kemerdekaan Indonesia. Tak hanya melalui buku pelajaran sejarah semata, para sineas juga bisa menghidupkannya melalui film-film biopik tentang para pahlawan ini.

Merangkum perjalanan dan sepak terjang para pahlawan ini dalam bentuk film, tentu memiliki kelebihan tersendiri. Pasalnya, film yang memiliki bentuk audiovisual, lebih mudah untuk dicerna banyak orang.

Yang menarik, untuk memilih para pemain yang akan memerankan karakter pahlawan ini, banyak para sineas yang tidak terlalu mementingkan kemiripan fisik para pemain dengan tokoh aslinya. Sebagian besar, dipilih berdasarkan pertimbangan kemampuan akting. Tak heran, kebanyakan artis yang memerankan karakter pahlawan ini adalah para aktor dan aktris papan atas yang telah matang di dunia akting.

Ario Bayu


Aktor Tanah Air kelahiran 6 Februari 1985 ini berperan sebagai sosok Bung Karno dalam film Soekarno karya sutradara Hanung Bramantyo. Film ini dirilis pada 2013 lalu, menceritakan berbagai dimensi tentang Bung Karno. Mulai dari kisah cintanya sampai dengan hari di mana Indonesia dinyatakan merdeka.

Lukman Sardi


Pria berusia 46 tahun ini pernah beberapa kali berlaga di film layar lebar yang mengangkat tentang kepahlawanan yang ada di Indonesia. Lukman Sardi pernah berperan sebagai Mohammad Hatta dalam Soekarno bersama dengan Ario Bayu. Sebelumnya, dia juga pernah berperan sebagai Ahmad Dahlan dalam film Sang Pencerah(2010). Ahmad Dahlan adalah tokoh pendiri Muhammadiyah.

Sang Pencerah mengungkapkan sosok pahlawan nasional itu dari sisi yang tidak banyak diketahui publik. Selain mendirikan organisasi Islam Muhammadiyah, lelaki berpendirian tegas itu juga dimunculkan sebagai pembaharu Islam di Indonesia.

Dian Sastrowardoyo


Dian Paramita Sastrowardoyo, wanita cantik yang akrab dipanggil dengan nama Dian Sastro ini melejit setelah berperan sebagai Cinta dalam film Ada Apa Dengan Cinta?.

Dian Sastro turut bermain dalam film pahlawan nasional berjudul Kartini (2017, memerankan sosok Raden Adjeng Kartini. Kartini sendiri dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan pribumi. Namun film ini lebih mengulik sosok Kartini saat kecil dan remaja yang berada dalam kungkungan tradisi keluarga bangsawan.

Reza Rahadian


Reza Rahadian Matulessy atau yang kerap disapa Reza Rahadian ini pernah membintangi film pahlawan nasional berjudul Guru Bangsa: Tjokroaminoto (2015). Pria tampan berusia 30 tahun itu berperan sebagai tokoh utama yaitu Raden Hadji Oemar Said Tjokroaminoto. Film tersebut menceritakan kisah Tjokroaminoto, pahlawan nasional yang merupakan salah satu pemimpin organisasi pertama di Indonesia, yaitu Sarekat Islam (SI).

Adipati Dolken


Aktor muda yang pernah memenangkan Penghargaan FFI untuk Pemeran Pendukung Pria Terbaik 2013 dengan film Sang Kiai ini juga pernah melakoni peran salah satu pahlawan nasional yang sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia. Tak lain dan tak bukan, dia berperan sebagai Jenderal Soedirman dalam film yang berjudul sama dengan nama pahlawan ini.

Film biopik yang menceritakan tentang seorang tokoh yang bernama Soedirman, seorang jenderal yang sedang didera sakit berat melakukan perjalanan ke arah selatan dan memimpin perang gerilya selama tujuh bulan ketika Soekarno-Hatta ditangkap dan diasingkan ke Pulau Bangka. Film ini juga menyorot kesetiaan orang-orang terdekat sang Panglima Besar, yang selalu mendampinginya dalam gerilya.

Christine Hakim


Aktris senior dan terkemuka di Indonesia ini pernah berperan sebagai Cut Nyak Dhien, tentunya dalam film berjudul Tjoet Nja' Dhien (1988). Film ini menceritakan tentang kegigihan wanita Aceh di masa penjajahan Belanda.

Akting mumpuni Christine Hakim dalam film garapan Eros Djarot ini membuat film tersebut ditampilkan dalam Semaine de la Critique atau Pekan Kritikus di Festival film Cannes yang tersohor.

Ikranagara


Ikranagara merupakan seorang aktor sekaligus sastrawan Indonesia yang pernah memerankan KH Hasyim Asy'ari dalam film Sang Kiai yang tayang 2013 silam. Film ini menceritakan tentang seorang pejuang kemerdekaan sekaligus salah satu pendiri Nahdlatul Ulama dari Jombang, Jawa Timur yakni Hadratussyaikh KH Hasyim Asyari.

Film ini, terpilih sebagai wakil dari Indonesia yang didaftarkan ke Piala Oscar tahun 2013 untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik. (Khansa Olivia)

Tag : Artis
0 Comments for "7 Daftar Artis Yang Pernah Memerankan Tokoh Pahlawan Bangsa di Film"

*Berkomentarlah yang Baik dan Sopan
*Silahkan Beri Tanggapan Sesuai Topik Artikel diatas
*Dilarang SPAM dan Menyertakan Link Aktif

Back To Top