6 Fakta Ini Berhasil Mengungkap Isi Tersembunyi Jurang Terdalam di Bumi

Di artikel sebelumnya sudah dibahas tentang "Jurang terdalam Palung Mariana" yang banyak menyimpan berbagai macam binatang kecil dan besar yang bersarang di dalam palung tersebut. Pernahkah kamu bertanya-tanya apa saja yang ada di bagian terdalam dari lautan tersebut?

Palung Mariana sendiri dikenal sebagai bagian terdalam dari lautan dunia. Dimana di sana terdapat titik terdalam laut yang disebut Challenger Deep. Menurut survey pada 2010 yang dilakukan oleh National Oceanic and Atmosphere Administration (NOAA) menyebut jika Challenger Deep memiliki kedalaaman 36.070 kaki yang diukur menggunakan sounds pulses.

Sutradara film dan laut turun ke bagian bawah lautan dalam rangka Challenger Deep pada 2012. Dia berhasil mencapai hingga hampir 35.756 kaki saat ekspedisi. Pada 2014, resolusi tinggi survei pemetaan dasar laut yang diterbitkan oleh para peneliti di University of New Hampshire mengatakan Challenger Deep naik ke kedalaman 36.037 kaki.

Tak cuma sejarah Challenger Deep yang menarik namun juga fakta yang tersembunyi di dalamnya. Berikut 6 Fakta Tersembunyi Palung Mariana.


1. HMS Challenger yang pertama kali menemukan kedalaman ini pada 1875


Pada 23 Maret 1875, HMS Challenger Ekspedisi pertama kali menemukan HMS Challenger dengan bantuan peralatan dengar selama mengelilingi bumi.

2. Nama Challenger Deep berasal dari dua kapal yang menemukannya


Setelah ekspedisi pertama oleh HMS Challenger, kedalaman laut terdengar lagi oleh HMS Challenger II pada 1951. Nama Challenger Deep diambil dari dua kapal yang menemukannya.

3. Tidak ada kehidupan laut selain amphipods


Dalam ekspedisi 2012, Cameron tidak menemukan seekor ikan atau makhluk hidup yang lebih dari satu inci panjangnya. Dan dia berkata, "Satu-satunya perenang bebas yang aku lihat hanyalah amphipods atau udang kecil".

4. Kapal Berawak Pertama Mencapai titik terbawah laut pada 1960


Pada 1960, batiskaf Trieste menjadi kapal pertama yang mencapai bagian bawah Challenger Deep. Kapal ini dioperasikan oleh Angkatan Laut AS Letnan Don Walsh dan ilmuwan Swiss Jacques Piccard.

5. Beberapa mikroba memakan hidrogen dan metana


Karena dalamnya laut, makanan sangat langka di sini. Akibatnya mikroba terpaksa memakan metana, hidrogen dan sulfur yang dihasilkan oleh reaksi kimia antara batu dan air laut. Dan beberapa makhluk lain makan kehidupan laut yang lebih rendah pada rantai makanan.

6. Lebih dari 200 Mikroorganisme berbeda telah diidentifikasi


Para ilmuwan telah mengidentifikasi lebih dari 200 mikroorganisme yang berbeda dalam lumpur dikumpulkan dari Challenger Deep. Lumpur ini dibawa ke laboratorium dalam wadah khusus dan disimpan dalam kondisi yang mirip dengan tekanan dingin dan ekstrem.

Tag : Misteri
0 Comments for "6 Fakta Ini Berhasil Mengungkap Isi Tersembunyi Jurang Terdalam di Bumi"

*Berkomentarlah yang Baik dan Sopan
*Silahkan Beri Tanggapan Sesuai Topik Artikel diatas
*Dilarang SPAM dan Menyertakan Link Aktif

Back To Top