Megahnya The Ming Tomb Salah Satu Komplek Pemakaman Terbesar Didunia


Xiaoling terletak di Dulongfu di lereng selatan Purple Hills di pinggiran timur Nanjing dengan luar 2,62 kilometer. Di tempat ini terdapat berbagai tumbuhan pohon pinus kuno dan pohon cemara, dengan jalur berkelok-kelok di perbukitan. Beberapa kuil Buddha kuno yang terkenal dan makam Xiaoling ditemukan di sini.


Makam pertama Dinasti Ming adalah Kaisar Zhu Yuanzhang, Ini adalah salah satu makam kekaisaran terbesar yang pernah ada di Cina dan sekaligus sebagai monumen sejarah yang di lindungi negara tiongkok.

Desain jalan dan bangunan di kawasan makam ini masih tetap utuh walaupun dibangun sejak 600 tahun lebih. Di kawasan ini juga terdapat The Tomb of The Hongwu Emperor. Itu adalah bangunan sangat besar dan megah yang merupakan keraton dan makam Zhu Yuanzhang, kaisar pertama pendiri Dinasti Ming.


Kawasan Mausoleum dirancang dan dibangun oleh Zhu Yuanzhang sendiri selama kurun waktu 24 tahun, yaitu sejak 1381 hingga 1405. Kawasan seluas 2,62 kilometer persegi ini dibangun sekitar 100.000 orang pekerja dan diawasi 5.000 orang prajurit Ming. Sementara, untuk pembangunan taman dan paviliun Shifangcen dilanjutkan oleh putra Zhu Yuanzhang, yaitu Zhu Di atau Ming Yongle pada 1413.


Kawasan ini juga dinamakan dengan sebutan Shen Gong Sheng De. Zhu Di menguburkan jasad ayahnya, Zhu Yuanzhang di kawasan ini, bersama istrinya Ratu Ma. Sementara, Zhu Di saat menjadi kaisar kedua ini memindahkan pusat ibukota dari Nanjing ke Beijing.



Begitu memasuki komplek pemakaman ini, pengunjung akan melintasi jalan sepanjang 2 Km. Jalan ini dinamai Shendau (Jalan Suci). Di sepanjang jalan ini terdapat sejumlah patung berupa binatang, seperti Gajah, Singa, Naga, Onta dan Kuda. Semua memiliki arti tentang kekaisaran Ming saat itu telah membuka hubungan diplomatik dengan negara di luar Cina, seperti Afrika, Arab, dan negara-negara Asia lainnya.


Setelah itu, pengunjung harus berjalan lagi sepanjang 1 Km. Jalan ini dinamai Jalan Wengzhong. Di sepanjang jalan ini terdapat empat pasang patung para menteri dan jenderal Dinasti Ming. Setelah melintas, pengunjung akan melintasi Jembatan Lingxing, yang di tengahnya dipenuhi aneka tanaman bunga.

Dari jembatan ini, pengunjung masih harus berjalan sepanjang 500 meter menuju bangunan utama. Pengunjung akan menuju bukit yang dinamai Du Long Fu (Bukit Naga). Di sini terdapat bangunan Mansion Ming yag terdapat patung kura-kura menggendong dinding setinggi 10 meter, yang menandakan bahwa seorang Raja menjadi penjaga dan pelindung rakyatnya.


Kemudian, pengunjung juga harus melanjutkan perjalanan sekitar 500 meter lagi. Jalanan yang terbuat dari batu yang tertata begitu rapih sampai menuju benteng besar dan tinggi. Terlihat bangunan istana megah di atasnya. Sayang, di kawasan ini semua pengunjung tak diperkenankan mengambil foto.


Di areal ini bukan hanya terdapat makam Zhu Yuanzhang. Tapi juga makam San Quan, Raja dari Kerajaan Wu, di masa penyatuan tiga kerajaan di China pada 220-265 dan makam raja di masa Dinasti Tang dan Song, yang lebih tua dari Dinasti Ming.

Kawasan ini sempat dihancurkan dan dijarah ketika terjadi perang Pemberontakan Taiping pada abad ke-19, yang mengakhiri kekuasaan Dinasti Qing dan diambil alih pemerintahan Komunis di China. Di sini juga terdapat Mausoleum Dr Sun Yat Sen.

Tag : Peristiwa
0 Comments for "Megahnya The Ming Tomb Salah Satu Komplek Pemakaman Terbesar Didunia"

*Berkomentarlah yang Baik dan Sopan
*Silahkan Beri Tanggapan Sesuai Topik Artikel diatas
*Dilarang SPAM dan Menyertakan Link Aktif

Back To Top