Vas Antik Pengganjal Pintu Peninggalan Dinasti Ming Yang Bernilai Milyaran Rupiah

Mempunyai barang langka dan bernilai ekonomis tinggi seperti sebuah vas antik asal China belum lama ini menjadi berita hangat menghiasi lini masa di inggris. vas dengan warna kombinasi biru dan putih ini sekilas tampak seperti kerajinan antik pada umumnya, namun siapa sangka vas yang sempat difungsikan sebagai pengganjal pintu selama bertahun-tahun ini ternyata mempunyai nilai sangat tinggi Vas ini terjual dengan harga GBP 650.000 atau sekitar Rp 11 milyar.

Rumah lelang Hansons yang berbasis di Derbyshire, Inggris belum lama ini melelang vas ini..

Vas itu diwarisi oleh satu keluarga di Birmingham, Inggris. Tak mengetahui nilainya, keluarga tersebut menggunakannya sebagai palang pintu. Padahal barang antik tersebut ternyata termasuk peninggalan Dinasti Ming yang paling langka. Vas tersebut diperkirakan berasal dari abad 18.

Menurut direktur Hansons, Charles Hanson kemungkinan besar vas itu dibuat antara tahun 1735 dan 1799 untuk istana musim panas Kaisar Qianlong. "Kami telah memastikan segelnya milik Kaisar Qianlong yang memerintah pada abad 18 dan [vas] itu dibuat untuk salah satu istana kekaisaran."

Sang pemilik yang tak ingin namanya disebutkan mengaku kalau dia mewarisi vas tersebut dari bibinya yang seorang agen barang antik pada tahun 1980. Sang bibi sendiri mendapatkan barang antik tersebut pada tahun 1920-an. Si pemilik mengkonsultasikan nilai vas tersebut kepada Hansons karena ingin menjualnya. Tak disangka nilainya jauh melebihi perkiraan.

Barang antik dari zamaan kekaisaran China memang banyak yang diperdagangkan di Eropa. Tak sedikit dari barang-barang berharga ini yang kemudian raib, tak jelas rimbanya hingga ditemukan kembali bertahun-tahun kemudian. Sayangnya, tak semua masih berada dalam kondisi yang bagus saat ditemukan kembali.

Tag : Ragam
0 Comments for "Vas Antik Pengganjal Pintu Peninggalan Dinasti Ming Yang Bernilai Milyaran Rupiah "

*Berkomentarlah yang Baik dan Sopan
*Silahkan Beri Tanggapan Sesuai Topik Artikel diatas
*Dilarang SPAM dan Menyertakan Link Aktif

Back To Top