8 Khasiat Madu Yang Perlu Kamu Ketahui

Tahukah Anda kalau madu telah digunakan oleh manusia selama 2500 tahun? Madu juga dikenal sebagai nektar bagi dewa Yunani Kuno. Madu menawarkan banyak manfaat kesehatan mulai meningkatkan energi dan memperkuat memori otak.

Berikut ini adalah manfaat madu bagi kesehatan kita:

1. Meningkatkan energi

Madu merupakan sumber alami guna meningkatkan energi tubuh. Hanya dengan 17 gram karbohidrat persendok makan, energi tubuh akan meningkat. Sebab, fruktosa dan glukosa yang terkandung di dalamnya, masuk ke aliran darah dan memberikan dorongan yang cepat untuk menambah energi kita.

2. Mengobati alergi

Bagi kita yang menderita alergi karena serbuk sari, cobalah untuk mengonsumsi madu lokal. Sebab, lebah lokal juga menyerbuki bunga lokal yang menyebabkan alergi pada tubuh kita. Nah, nektar mereka akan berisi sejumlah serbuk sari yang memungkinkan tubuh untuk merespon sistem imun tubuh agar menghasilkan antibodi terhadap serbuk sari.

3. Antiinflamasi

Ahli kesehatan Yunani Kuno mengakui kalau madu memiliki sifat antiinflamasi. Menurut mereka, madu baik untuk mengobati bintik-bintik pada wajah karena terbakar sinar matahari. Selain itu, madu juga bisa menyembuhkan radang tenggorokan dan amandel.

4. Meningkatkan kinerja olahraga

Penelitian terbaru menunjukkan kalau madu juga bisa meningkatkan kinerja kita saat berolahraga, khususnya jenis atletik. Selidik punya selidik, madu dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Selain itu, madu juga bisa mempercepat penyembuhan otot dan glikogen setelah berolahraga. Hebatnya lagi, cairan manis ini dapat mengatur jumla insulin dalam tubuh kita.

5. Antiseptik alami

Ketika dioleskan, madu perlahan-lahan melepaskan hidrogen peroksida. Hidrogen peroksida ini merupakan senyawa antibakteri, antimikroba, dan antiseptik, serta diinfektan luka. Bukti ilmiah menunjukkan, kebanyakan bakteri berbahaya akan mati ketika diberi hindrogen peroksida.

6. Menghilangkan radikal bebas

Karena madu mengandung nutraceuticals, ia bisa mengikat dan menghilangkan racun dalam tubuh kita. Di samping itu, sifat antimikroba yang dimiliki madu, amat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

7. Mempermudah untuk terlelap

Sulit tidur di malam hari? Cobalah untuk meminum madu. Madu dapat merangsang serotonin di tubuh yang bisa meningkatkan suasana hati dan kenahagian. Setelah itu, tubuh kemudian akan mengkonversi serotonin ke melaton, yaitu senyawa kima yang bisa meningkatkan kualitas tidur.

8. Penguat memori

Madu kaya akan antioksidan yang bisa mencegah kerusakan sel-sel otak. Sebuah penelitian menyebutkan, madu juga bisa meningkatkan memori otak sebagai terapi alternatif yang berhubungan dengan penurunan intelektual.

Tag : Sehat
0 Comments for "8 Khasiat Madu Yang Perlu Kamu Ketahui"

*Berkomentarlah yang Baik dan Sopan
*Silahkan Beri Tanggapan Sesuai Topik Artikel diatas
*Dilarang SPAM dan Menyertakan Link Aktif

Back To Top