Manfaat Besar Kulit Jeruk untuk kesehatan wajib untuk diketahui


Manfaat Kulit Jeruk­­­­--- Salah satu jenis buah yang mempunyai banyak penggemar adalah buah jeruk. Buah ini terkenal karena rasanya yang enak dan menyegarkan. Selain itu, buah jeruk juga terkenal dengan kandungan vitamin C yang melimpah dan mempunyai kandungan nutrisi lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan.
Saat mengkonsumsi buah jeruk, setiap orang pasti membuang kulitnya begitu saja. Padahal, di dalam kulit jeruk terdapat kandungan nutrisi yang tak kalah banyaknya dengan buahnya. Di dalam kulit jeruk terdapat kandungan nutrisi berupa vitamin A, vitamin C, antioksidan dan flavonoid. Kandungan tersebut mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh.
Sebelum lebih mendalam lagi kitas ulas tentang kulit jeruk perlu di ketahui menurut para aahli dan juga penulis dalam bukunya  “ The New Whole Food Encylopedia , Rebecca Wood ” . bahwa kandungan dalam kulit ini hampir sama dengan kulit apel .
Penulis ensiklopedi The New Whole Food yang bernama Rebecca Wood menyebutkan jika kulit jeruk ternyata mempunyai kandungan manfaat yang sama persis dengan kandungan manfaat dari kulit apel. Kedua kulit buah populer ini mempunyai manfaat juga kandungan nutrisi hampir mirip. Kulit dari buah jeruk ini memiliki kandungan 60% flavonoid juga 170 macam phytonutriens berbeda. Kedua jenis kandungan kulit jeruk tersebut benar-benar bagus bagi kesehatan kulit juga sistem imun tubuh. Dr. Jaishree Bhattacharjee pun mengungkapkan hal yang sama, yaitu kulit jeruk memang terbukti memiliki manfaat positif bagi kecantikan dan kesehatan seseorang.
MANFAAT KULIT JERUK BAGI KESEHATAN

1. Menghilangkan Bau Mulut

Kunyah secukupnya , aromanya ini akan menghilangkan bau mulut anda

2. Mengobati Sakit Geraham

Potong-potong kecil lalu taruh pada geraham selama 10 menit . lakukan sebelum tidur

3. Mengobati Batuk

Rebus kulit jeruk kering dalam 2 gelas selama 10 menit sampai air mendidih lalu tambahkan jahe dan gula merah kemudian minum hangat-hangat.

4. Mengobati sesak nafas

10 -15 gram rendam kulit buah kemudian lalu rendam air panas yang telah disiapkan di gelas lalau kemudian minum setelah 10 -15 menit

5. Mengobati Sembelit

Caranya 12 gram kulit jeruk direndam dalam air hangat yang telah mendidih lalau tutup selama 15 menit dan minum 2 kali sehari .

6. Mencegah Mabuk Perjalanan

Kulit jeruk secukupnya di hirup dengan hidung . Lkukan selama dalam perjalanan dengan frekuensi yang b8sa anda atur sendiri sesuai kebutuhan anda

7. Meningkatkan nafsu makan

Kulit jeruk yang sudah di keringkan di campur degan daun the kemuadian di rebus samapai mendididh kemudian minum secara teratur.

8. Mengobati Sakit kepala ( hangover )

Rebus 30 gram kulit jeruk segar kedalam air samapi mendidih . tambahkan sedikit air garam dan kemudian minum secara hangat.
9. Mengatasi Tanda-Tanda Penuaan
Kulit jeruk kaya akan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan mengatasi keriput. Kulit jeruk juga bermanfaat sebagai toner wajah yang sangat bagus. Cara membuatnya, campurkan 1 sendok makan bubuk kulit jeruk, madu dan oatmeal secukupnya. Aduk hingga rata lalu oleskan secara merata pada wajah Anda. Biarkan selama 30 menit lalu bilas dengan air dingin.

10. Memutihkan Gigi
Kesal dengan warna gigi yang menguning? Menggunakan kulit jeruk adalah jawaban yang tepat. Kulit jeruk mengandung senyawa yang disebut d-limonene, yang dapat membantu mengurangi warna kuning pada gigi yang disebabkan oleh berbagai hal. Gosok bagian dalam kulit jeruk pada gigi Anda selama 2-3 menit, lalu bilas. Lakukan hal ini dengan rutin dua kali sehari, maka gigi Anda akan kembali memutih.

11. Mengurangi Berat Badan
Vitamin C telah terbukti membantu menurunkan berat badan. Dalam proses diet Anda, ganti kopi atau soda yang sering Anda konsumsi dengan teh kulit jeruk. Keringkan beberapa kulit jeruk organik, di tempat sejuk dan kering. Masukan 1 sendok makan kulit kering dalam 1 cangkir air panas. Tutup gelas dan biarkan selama 10 menit. Buang kulitnya lalu tambahkan beberapa sendok madu. Minum 2 cangkir teh per hari secara rutin.

12. Menurunkan Kolesterol
Kulit jeruk dapat mengurangi kolesterol tinggi di dalam tubuh Anda. Semua orang mengetahui bahwa kolesterol tinggi dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Kandungan pektin dalam kulit jeruk membantu mengurangi kolesterol, dan menurunkan tekanan darah tinggi. Yang harus Anda lakukan hanyalah minum teh kulit jeruk dua kali setiap hari.
13. Mencegah Pertumbuhan Sel Kulit
Kandungan flavonoid yang terdapat di dalam kulit jeruk berperan untuk membantu vitamin C dan antioksidan untuk bekerja lebih efisien. Flavonoid di dalamnya juga mempunyai kemampuan untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dengan cara menghambat pasokan makanan yang dibutuhkan oleh sel-sel kanker.
14. Menghentikan kebiasaan merokok
Kebiasaan merokok merupakan kebiasaan di mana banyak orang sudah mengetahui tentang efek negatifnya, namun tetap sulit menghentikan kebiasaan merokok ini. Tetapi dengan mengkonsumsi kulit jeruk, dapat membantu Anda untuk menghentikan kebiasaan merokok dengan kebiasaan yang lebih sehat yaitu memakan kulit jeruk saja. Ini karena kulit jeruk bisa menghilangkan dan memecah nikot!n dari dalam tubuh Anda. di mana nikotin merupakan bahan berbahaya yang dihisap oleh perokok aktif.
Karena kulit jeruk mempunyai rasa yang sangat pahit, membuat banyak orang enggan untuk mengkonsumsinya secara langsung. Ada cara mudah yang dapat dilakukan untuk membuat kulit jeruk enak untuk dikonsumsi, yaitu dengan mengolahnya menjadi manisan yang enak. Pada situs manfaat.co.id, dijelaskan mengenai bagaimana cara pembuatan manisan kulit jeruk. Adapun cara pembuatannya adalah sebagai berikut :
Siapkan kulit jeruk secukupnya, kemudian cucilah hingga benar-benar bersih

    Potonglah menjadi ukuran yang kecil-kecil
    Keringkan dengan cara menjemur di bawah sinar matahari
    Setelah, benar-benar kering rendamlah di dalam larutan gula selama semalaman [2]

Cara selanjutnya, bisa mengkonsumsi kulit jeruk dengan cara membuatnya menjadi jus, yaitu dengan mencampurkannya dan membelendernya sebagai campuran jus buah segar. Hal ini disebabkan karena campuran buah tersebut dapat menetralkan rasa pahit di yang dimiliki oleh kulit jeruk.

Yang terakhir, bisa dilakukan dengan mengkonsumsi kulit jeruk dalam bentuk ekstrak kulit jeruk yang sudah banyak dijual di pasaran. Sebelum mengkonsumsi atau mengolahnya pastikan bahwa telah mencucinya hingga bersih karena pada permukaan kulit jeruk terkena paparan zat pupuk kimia, paparan lilin, inteksida, bakteri, kuman dan virus yang terbawa oleh angin.

Namun, jika ingin mengkonsumsi kulit jeruk secara langsung sebaiknya konsumsilah kulit jeruk keprok atau jeruk mandarin karena mempunyai rasa yang lebih manis dibandingkan dengan jenis kulit jeruk lainnya. Tetap konsumsilah secara bijaksana dan harus dengan cara yang tepat.
Kulit jeruk Dijadikan masker wajah
Selain memiliki manfaat positif bagi kesehatan. Kulit jeruk juga memiliki manfaat positif untuk wajah, yaitu bisa dijadikan sebagai bahan masker. Masker kulit jeruk bisa membantu dalam menghilangkan noda hitam pada wajah dan juga menyegarkan kembali kulit yang kusam.

Tag : Sehat
0 Comments for "Manfaat Besar Kulit Jeruk untuk kesehatan wajib untuk diketahui"

*Berkomentarlah yang Baik dan Sopan
*Silahkan Beri Tanggapan Sesuai Topik Artikel diatas
*Dilarang SPAM dan Menyertakan Link Aktif

Back To Top