7 Negara Dengan Lingkungan Terbersih Didunia

Hotklop - Beberapa negara ini menerapkan kebijakan undang-undang kebersihan sangat ketat. Mungkin beberapa di antaranya bisa diterapkan di negara kita.


1.Jepang

Foto-foto diatas adalah luapan air banjir di subway Jepang Tahun 2015 lalu. Jepang dilanda banjir yang cukup mengkhawatirkan sejak serangan badai tropis Etau.

Sejumlah tempat di Jepang dilanda banjir, salah satunya di lokasi kereta bawah tanah atau subway. Uniknya, luapan yang menggenangi stasiun bawah tanah sangat jernih seperti air kolam renang.

Hal ini membuat netizen di seluruh dunia berdecak kagum. Banyak yang berpendapat air banjir yang bersih ini merupakan bukti atas disiplinnya warga Jepang dalam menjaga kelestarian lingkungan.


2.Swedia

Swedia punya sistem pengolahan sampah yang canggih. Saking canggihnya, negara in sampai harus impor sampah dari negara lain. Kenapa bisa begitu?

Rupanya, Swedia menerapkan manajamen sampah dengan konsep waste-to-energy (WTE). Di sini limbah rumah tangga diolah lewat proses pembakaran. Uap panas yang dihasilkan oleh proses pembakaran ini lalu dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Kemudian listrik didistribusikan ke rumah-rumah di seluruh negeri.

Dilansir The Huffington Post, tak lebih dari 1 persen limbah yang berakhir di tempat pembuangan sampah. Sisanya digunakan untuk memasok kebutuhan panas rumah tangga.


3.Kosta Rika

Kosta Rika mungkin bukan termasuk negara terbersih di dunia. Juga bukan salah satu negara terkaya di bumi. Namun, negara ini memiliki aneka kebijakan lingkungan yang patut diacungi jempol. Pemerintah menggunakan pajak yang didapatkan dari perdagangan BBM untuk mendanai program perlindungan hutan.

Menurut Happy Planet Index, pada tahun 2015, Kosta Rika tak lagi bergantung pada minyak bumi. Negara menggunakan listrik dengan 99 persen bahan bakar dari sumber daya alam yang dapat diperbarui. Hingga saat ini, pemerintah tetap mendukung penelitian mengenai sumber-sumber bahan bakar non minyak. Ambisi Kosta Rika adalah menjadi negara bebas karbon pada tahun 2021.


4.Singapura

Dilansir Today I Found Out, Singapura disebut-sebut sebagai negara kota yang kelewat bersih, sampai toiletnya pun cukup bersih buat dimakan. Tidaka menyiram toilet umum merupakan pelanggaran hukum serius yang bisa dikenakan denda tinggi. Begitu juga dengan membuang sampah sembarangan.

Singapura memiliki berbagai peraturan menyangkut kebersihan yang sangat ketat. Pemerintah mempekerjakan polisi-polisi lingkungan untuk menindak pelanggar hukum kebersihan di tempat.

Lift di gedung-gedung Singapura juga dilengkapi dengan alat pendeteksi urin. Jika alat tersebut mendeteksi adanya urin di dalam ruangan, lift akan terkunci secara otomatis dan memperingatkan petugas yang sedang bertugas agar bisa segera ditindak.


5.Luksemburg

Dilansir SkyNews.com.au, sebanyak 100 persen tempat untuk di Luksemburg memiliki air dengan kualitas terbaik. Ini berarti pantai, danau, hingga pemandian umum di negara tersebut sangat bersih. Luksemburg juga kerap masuk daftar negara-negara dengan lingkungan terbersih di dunia.

Dilansir Luxembourg for Business, Luksemburg merupakan rumah bagi 200 perusahaan berbasis lingkungan. Perusahaan-perusahaan ini memanfaatkan sumber energi yang bisa diperbarui, konstruksi ramah lingkungan, dan menerapkan sistem pengolahan sampah yang sangat baik. Pemerintah juga mengembangkan Clean Technology Action Plan sebagai panduan perusahaan-perusahaan dalam berbisnis.


6.Swiss

Swiss diklaim sebagai surga di bumi. Tidak diragukan lagi, negara ini memiliki lingkungan terbersih, pemandangan alam yang menakjubkan, penduduk paling bahagia, ekonomi stabil, dan harapan hidup tertinggi. Lebih dari 7,9 juta orang tinggal di tanah hijau yang luas. Inilah yang menjadikan Swiss masuk daftar sepuluh negara terbersih di dunia.

Swiss juga menerapkan undang-undang lingkungan yang paling ketat di seluruh Eropa. Berkat hal itu, negara ini memiliki udara dan air terbersih di Eropa.


7.Islandia

Dilansir Busy Clean, Islandia termasuk negara dengan udara terbersih di dunia. Selain itu, Islandia juga selalu menduduki peringkat tertinggi dalam daftar negara terbersih di dunia.

Islandia memiliki alam yang menakjubkan, sehingga menjadi daya tarik bagi para pelancong dari seluruh dunia, salah satunya fenomena northern lights. Mengetahui hal ini, pemerintah menerapkan kebijakan untuk menjaga kelestarian lingkungannya.

Selain itu, Islandia memenuhi 80 persen kebutuhan energi dari sumber geothermal dan air, menjadikan negara tersebut sebagai negara konsumen energi terbersih di dunia.

Itulah beberapa negara dengan kebersihan yang membuat takjub seluruh dunia. Menurut kamu, bisakah kebijakan dari negara-negara ini diterapkan di Indonesia?

Tag : Unik
0 Comments for "7 Negara Dengan Lingkungan Terbersih Didunia"

*Berkomentarlah yang Baik dan Sopan
*Silahkan Beri Tanggapan Sesuai Topik Artikel diatas
*Dilarang SPAM dan Menyertakan Link Aktif

Back To Top