Penyangga Topi Antik Para Bangsawan China Senilai 9,8 miliar Peninggalan Dinasti Qing

Penyangga Topi yang terbuat dari porselen antik ini adalah peninggalan Dinasti Qing yang laku terjual dengan harga 600.000 poundsterling atau sekitar 9,8 miliar rupiah di pelelangan Christie's. malangnya, benda antik tersebut digunakan sebagai penyangga kap lampu meja selama puluhan tahun lamanya.

Tempat Pelelangan kerajinan porselen antik dari China ini membuat publik Inggris heboh. Porselen dengan detail ornamen rumit itu merupakan tempat meletakkan topi milik para bangsawan China yang dibuat sekitar 200 tahun lalu. Tempat topi tersebut dibuat dari porselen kualitas nomor satu, dengan motif 9 naga yang sangat langka. Melihat bentuk hiasannya yang sangat rumit, bukan tidak mungkin tempat topi ini dibuat khusus untuk Kaisar Daguang.

Barang antik tersebut dimiliki oleh pasangan suami istri asal Wales, Inggris. Mereka membelinya di pada tahun 1953. Saat itu, nilai karya seni dari China sedang anjlok. Lampu tersebut akhirnya dijual kepada vendor barang antik beberapa tahun lalu. Menyadari nilainya, pengelola vendor lantas membawa lampu tersebut untuk dikonfirmasi di rumah lelang Christie's. Christie's menaksir nilai tempat topi yang dibuat antara tahun 1820-1850 itu sebesar 300.000 poundsterling.

Ivy Chan, seorang spesialis kesenian Asia di Christie's mengatakan kepada DailyMail (9/11), "Karya ini menawarkan sekilas gambaran kemewahan di dalam istana Daoguang, di mana pakaian digunakan untuk melambangkan pangkat dan status. Jenis topi yang dikenakan merupakan hal yang sangat penting dan jika tidak digunakan, aksesoris indah dan rumit itu dipajang di penyangga dekoratif yang sama indahnya. Penyangga topi berwarna kuning dan hijau ini dihiasi sembilan naga yang melambangkan kekuatan ilahi Ini adalah sebuah karya seni yang indah."

Lebih lanjut Chan mengatakan, "Fakta bahwa penyangga topi ini bisa ada di Inggris mengikuti sejarah panjang karya-karya seni yang dibawa keluar dari Asia. Sungguh ajaib benda tersebut masih berada dalam kondisi sebagus ini."

Kerajinan porselen kini berada di tangan seorang pembeli anonim dari Asia. Sang pembeli bersedia mendapatkan benda antik tersebut dengan harga dua kali lipat dari estimasi nilainya.

Tag : Unik
0 Comments for "Penyangga Topi Antik Para Bangsawan China Senilai 9,8 miliar Peninggalan Dinasti Qing"

*Berkomentarlah yang Baik dan Sopan
*Silahkan Beri Tanggapan Sesuai Topik Artikel diatas
*Dilarang SPAM dan Menyertakan Link Aktif

Back To Top