10 Logam Mulia Paling Berharga Di Planet Bumi

Kemajuan peradaban kuno sering bergantung pada kepemilikan elemen-elemen yang dicari ini, yang digunakan sebagai mata uang.

Saat ini, logam mulia masih digunakan sebagai komoditas untuk keperluan investasi dan industri. Tentu saja, beberapa juga digunakan untuk membuat perhiasan, yang sama seperti di zaman kuno berfungsi sebagai simbol status.

10 Logam Paling Berharga Di Bumi

1. Emas


Ketika orang bertanya nama logam mulia, emas adalah alat tukar yang universal dianggap setara uang sebagai alat untuk bertransaksi jual beli. Emas mampu menghantarkan listrik dengan baik, dan mudah ditempa menjadi lembaran tipis, emas juga digunakan sebagai komponen dalam elektronik dan komputer sebagai informasi negara China, Australia, dan A.S. adalah tiga produsen teratas logam ini.

2. Perak


Kepercayaan orang barat pada jaman dulu peluru yang terbuat dari perak dipercaya sebagai amunisi paling ampuh untuk bisa membunuh manusia serigala. Namun tidak pada jaman modern sekarang ini perak banyak digunakan manusia untuk keperluan berbagai macam perangkat elektronik, uang koin dan manufaktur baterai. Negara Peru, Chili, Mexico, dan Cina adalah produsen terbesar perak.

3. Emas Putih


Emas Putih sering digunakan untuk keperluan cicin kawin, selain langka emas putih juga dikenal dengan kepadatan dan kemampuannya untuk menahan korosi. Itulah mengapa Emas Putih dikaitkan dengan kekayaan dan eksklusivitas. Di antara produsen terbesar dari logam mulia ini adalah Rusia, Kanada, dan Afrika Selatan.

4. Indium


Logam mulia ini merupakan hasil pemisahan dari pemrosesan bijih seng, besi, tembaga, dan bijih timbal. Sangat mudah dibentuk, dan digunakan sebagai lapisan bantalan pada mesin pesawat pada masa Perang Dunia II. Saat ini, Indium digunakan sebagai pelapis untuk bantalan mesin berkecepatan tinggi. Jepang, Korea Selatan, dan China merupakan produsen terbesarnya.

5. Palladium


Palladium digunakan terutama pada catalytic converters kendaraan, yang mengubah polutan gas buang untuk emisi lebih sedikit berbahaya. Palladium juga digunakan dalam pembuatan jam tangan, strip tes gula darah, dan sederet perangkat elektronika. Rusia, Kanada, dan Amerika Serikat termasuk di antara produsen utamanya.

6. Ruthenium


Terbanyak diproduksi di Kanada, Rusia, Utara dan Amerika Selatan, Ruthenium biasanya digunakan sebagai paduan untuk platinum dan paladium untuk meningkatkan kekerasan dan ketahanan. Ruthenium juga digunakan dalam perangkat elektronik.

7. Rhodium


Dikenal dengan sifat reflektifnya, Rhodium juga masuk dalam kategori logam mulia pembuatan berbagai macam perhiasan. karena mempunyai titik lebur yang tinggi dan sifat anti-korosif yang tangguh. Kanada, Afrika Selatan, dan Rusia adalah produsen utamanya.

8. Iridium


Iridium sangat berlimpah di negara Afrika Selatan, logam mulia ini merupakan salah satu unsur terpadat yang ada. Iridium telah berkontribusi pada kemajuan dalam bidang elektronika dan kedokteran dan juga digunakan dalam produksi pembuatan busi.

9. Osmium


Unsur yang sangat padat ini diproduksi terutama di Amerika Utara dan bagian Selatan, serta negara Rusia. Osmium adalah komponen penting dalam proses pengerasan platinum untuk perangkat elektronik.

10. Rhenium


Rhenium juga mempunyai titik lebur yang tinggi, logam mulia ini melimpah di Kazakhstan, A.S., dan Cile. Dengan ditambahkan ke superalloy berbasis nikel untuk meningkatkan kekuatan suhu. Rhenium juga digunakan pada mesin turbin bersuhu tinggi.

Tag : Ragam
0 Comments for "10 Logam Mulia Paling Berharga Di Planet Bumi"

*Berkomentarlah yang Baik dan Sopan
*Silahkan Beri Tanggapan Sesuai Topik Artikel diatas
*Dilarang SPAM dan Menyertakan Link Aktif

Back To Top