Inilah Pekerjaan Unik Di Jaman Dulu Yang Sudah Tak Ditemui Dijaman Sekarang

Diera Perkembangan teknologi maju jaman sekarang ini bisa berpengaruh juga pada pola kegiatan manusia. Salah satu akibatnyanya terjadi perubahan dalam berbagai lapangan pekerjaan. Tak hanya memunculkan jenis-jenis pekerjaan baru, perubahan tersebut ternyata juga menyebabkan hilangnya suatu pekerjaan yang dianggap penting pada masa lalu.Berikut beberapa jenis pekerjaan yang saat ini sudah jarang bisa di temui.

Tukang menyalakan lampu jalan
Lampu-lampu penerangan jalan pada zaman dahulu tidak menggunakan listrik seperti sekarang. Lampu-lampu tersebut menggunakan minyak dan harus dihidupkan satu per satu secara manual setiap hari. Karena banyaknya lampu yang harus dikelola, pemerintah kota mempekerjakan beberapa orang untuk menyalakannya setiap hari.

Pemotong es
Sebelum kulkas ditemukan, orang zaman dahulu akan mengumpulkan es pada musim dingin untuk berbagai keperluan. Namun, tentu saja tidak semua orang punya waktu untuk melakukannya. Tidak mengherankan jika beberapa orang rela bersusah-payah memotong balok-balok es di danau atau jalan dan menjualnya kepada mereka yang membutuhkan.

Alarm berjalan
Dulu, sebelum ditemukan alarm seperti sekarang, orang-orang menggunakan jasa 'alarm berjalan' untuk membangunkan tidur. Mereka akan membangunkan kamu pada waktu yang diinginkan. Setelah terjadi kesepakatan soal bayaran, alarm berjalan ini berjalan kaki berkeliling kampung, hanya untuk membangunkan kliennya. Dengan cara mengetuk-ngetuk jendela kamar atau pintu rumah kliennya sampai bangun. Jika klien tidur di lantai dua, petugas ini akan menggunakan galah untuk mengetuk jendela kamarnya.


Penata pin bowling
Kalau sekarang, ketika bermain bowling begitu bola digelindingkan dan pin-pin berjatuhan, maka dalam hitungan detik pintu pin akan tertutup, lalu terbuka kembali dengan tampilan semua pin sudah rapi kembali. Dulu ada orang yang bekerja menata pin-pin ini secara manual lho.

Penangkap tikus
Saat ini sudah banyak teknologi penangkap dan pembasmi tikus, entah menggunakan jebakan maupun racun. Namun, pada masa lalu, orang-orang belum mengenal cara-cara seperti itu. Akibatnya, masyarakat meminta jasa khusus dari penangkap tikus. Mereka merupakan orang terlatih untuk tidak jijik terhadap tikus dan mampu memburu serta membasminya dengan cara dipukul, dipanah, dan ditangkap dengan tangan kosong.

Pelacak pesawat musuh
Pada zaman dulu, seseorang akan dibayar untuk mengoperasikan alat khusus untuk mendengar jika ada pesawat musuh datang. Alat ini dapat membantu melacak seluruh benda yang terbuat dari besi yang berkeliaran di atas awan. Seiring dengan kemajuan teknologi dan perkembangan zaman, peralatan tersebut sekarang sudah masuk museum, digantikan radar yang bekerja secara otomatis dan dikendalikan komputer.

Pembaca hiburan di Pabrik
Sebelum ada radio, televisi, dan perangkat hiburan elektronik lainnya, masyarakat zaman dulu menggunakan jasa pembaca hiburan di pabrik. Mereka bertugas untuk memberikan cerita, dongeng, dan lelucon yang bisa menghibur para pekerja pabrik.

Sopir balok kayu
Pada zaman dahulu, sebelum mengenal mesin pengangkut seperti truk atau kapal, sungai merupakan satu-satunya cara bagi manusia untuk memindahkan kayu yang berukuran besar dari hutan menuju kota. Kayu-kayu tersebut akan dibiarkan mengapung menuju daerah yang diinginkan. Untuk menjaga agar kayu-kayu ini bisa sampai ke tempat yang tepat, para pemilik kayu akan membayar 'sopir kayu' yang bertugas menuntun kayu menuju tempat yang diperintahkan.

Tag : Peristiwa
0 Comments for "Inilah Pekerjaan Unik Di Jaman Dulu Yang Sudah Tak Ditemui Dijaman Sekarang"

*Berkomentarlah yang Baik dan Sopan
*Silahkan Beri Tanggapan Sesuai Topik Artikel diatas
*Dilarang SPAM dan Menyertakan Link Aktif

Back To Top