PT Pindad Meluncurkan 4 Senjata Terbaru SS3, SS2 subsonic dan PM3

PT Pindad (Persero) merupakan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dibidang industri dan manufaktur dalam pembuatan produk militer dan komersial di Indonesia. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1983 telah memproduksi berbagai jenis senjata mulai dari senjata laras panjang, senjata genggam, pistol, dan lainnya. Setiap produksi diutamakan untuk mensuplai kebutuhan peralatan pertahanan dan keamanan nasional serta untuk memenuhi pemesanan dari pihak lain.

Senjata Pindad memiliki akurasi yang baik dan ketahanan di medan peperangan sesuai dengan kebutuhan pertahanan dan keamanan. Beberapa senjata telah berhasil meraih prestasi lomba tembak antar angkatan darat se-Asia Tenggara (AARM) dan lomba tembak Angkatan Darat se-Asia Pasifik (ASAM), serta Lomba Tembak tahunan yang diselenggarakan oleh Tentara di Raja Brunei (BISAM). Nah, belum lama ini Pindad baru saja meluncurkan 4 senjata terbarunya yang merupakan hasil inovasi dari produk-produk sebelumnya.

Senapan Serbu SS3

Varian senapan serbu atau SS3 lahir dari pengembangan produk seri sebelumnya, yakni SS1 dan SS2. Berbeda dengan pendahulunya, senapan serbu dengan kaliber amunisi 7,62 mm tersebut memiliki jarak tembak efektif 400 meter (mekanikal) dan 800 meter (optikal).

Senapan serbu ini didesain sebagai Designated Marksman Rifle di setiap pasukan, yakni senjata untuk penembak jitu dengan jarak tembakan yang lebih dari senapan serbu biasa kaliber 5.56 mm, namun tidak sejauh senapan penembak runduk (sniper). SS3 karya insinyur BUMN produsen senjata ini memiliki kapasitas magasin 20 butir.

Pistol G2 Premium

Pindad meluncurkan pistol jenis G2 Premium yang merupakan senjata genggam dari pengembangan G2 Combat dan Elit yang biasa dipakai personil militer organik. Sementara G2 Premium lebih diperuntukkan untuk olahraga tembak.

G2 Premium memiliki munisi kaliber 9 mm dengan jarak tembak efektif 25 meter. Dengan berat 1,05 kg, pistol ini memiliki kapasitas magasin 15 butir amunisi. Direktur Komersial PT Pindad, Widjajanto mengungkapkan, senapan jenis pistol G2 premium harganya sekitar Rp 35 juta.

Sub Machine Gun PM3

Senapan laras pendek ini memiliki desain khusus untuk mendukung pertempuran jarak dekat, perang kota, pembebasan sandera. PM3 dioperasikan dengan munisi kaliber 9 mm dengan bidikan akurat hingga 75 meter dan kecepatan tembak 750-850 butir per menit.

SS2 Subsonic

Senapan serbu ini merupakan varian baru dari senapan serbu SS2 laras panjang yang telah lama diproduksi Pindad. Senapan ini dirancang khusus untuk menggunakan munisi subsonic 5.56 mm dengan peredam di laras untuk mendukung operasi senyap.

Penggunaan munisi dan peredam membuat senapan dengan kapasitas magasin 30 butir ini efektif dalam operasi penyergapan. Jarak tembak varian ini mencapai 150-200 meter.

Meski baru dikenalkan ke publik senjata-senjata tersebut sudah memiliki banyak peminat. Seperti Kopasus yang sudah tertarik untuk memesan SS3 kaliber 7.62.

Sementara itu untuk pistol G2 Prime Pindad dan Perbakin (Persatuan Penembak Indonesia) telah menandatanganni kesepakatan penjualan sebanyak 2.000 pucuk dengan kisaran harga Rp. 35 juta/unit.

Sedangkan untuk tiga jenis senapan lainnya, belum bisa dipastikan berapa harga yang akan ditentukan. Namun diperkirakan, harganya lebih mahal dari senjata generasi sebelumnya.

Tag : Militer
0 Comments for "PT Pindad Meluncurkan 4 Senjata Terbaru SS3, SS2 subsonic dan PM3"

*Berkomentarlah yang Baik dan Sopan
*Silahkan Beri Tanggapan Sesuai Topik Artikel diatas
*Dilarang SPAM dan Menyertakan Link Aktif

Back To Top