Inilah 5 Lampu Kristal Termahal di Dunia

Lampu pada jaman sekarang bukan hanya berfungsi sebagai penerangan dirumah. Beberapa rumah membuat lampu sebagai perabotan eksklusif, karena lampu adalah salah satu benda pertama yang dilihat ketika masuk ruang tamu.

Lain lagi ceritanya kalau bicara tentang lampu termahal didunia. Karena, lampu Ini bukan sekedar lampu. Dibutuhkan beberapa desainer kelas dunia untuk mendesain hingga pengerjaan lain dari lampu tersebut.

Lampu seperti ini tidak hanya memberikan penerangan yang sempurna, tetapi juga dilapisi kristal yang dibuat dengan tangan atau logam lain yang juga buatan tangan. Berikut 5 lampu termahal di dunia.



Nama : Salviati Chandeliar
Produsen : Giulio Salviati
Negara : Italia

Harga : US$ 1.000.000 (Jika kurs $1 = Rp 13.200, maka nilainya setara Rp 13,2 miliar)

Keterangan : - Walau pun disebutnya tempat lilin, tetapi tetap saja Salviati Chandeliar dikategorikan sebagai lampu gantung. Lampu yang dibuat pada abad ke 19 ini, adalah maha karya desainer Italia, Giulio Salviati dan diproduksi oleh perusahaan Salviati di Murano, Italia.

- Sejatinya, lampu ini adalah satu-satunya lampu peninggalan Salviati yang tersisa. Ditemukan oleh seorang pria di salah satu sudut bekas Museum Salviati yang sudah tak berbekas akibat dihapuskannya museum tersebut pada 35 tahun lalu.

- The Salviati Chandelierberukuran tinggi 83 inchi dengan diameter pada titik terluas 67 inchi. Terbuat dari potongan kaca murano dan emas, sehingga menjadi lampu yang sangat langka.



Nama : Tiffany Wisteria Lamp
Produsen : Tiffany Studios
Negara : Amerika

Harga : US$ 1.205.000 (Jika kurs $1 = Rp 13.200, maka nilainya setara Rp 15,91 miliar)

Keterangan : - Wisteria adalah model lampu yang desainnya paling ikonik dari Tiffany Studios. Dunia mengakui lampu ini sebagai ikon desain Amerika dan salah satu maha karya paling berhasil. Tidak heran kalau Wisteria ini menjadi koleksi museum New York's oldest, Amerika Serikat.

- Dibuat pada tahun 1901, konsepnya meniru bunga mekar atau lebih tepatnya ppohon anggur wisteria yang sedang mekar. Dibuat dari 2.000 keping kaca yang dipilih dan dipotong sendiri oleh desainernya. Sehingga ketika dinyalakan, lampu ini menimbulkan efek warna yang berbeda.

- Dibuat dengan pengawasan ketat, kaca biru serta yang indah serta pemilihan kaca liris yang bergerak, menimbulkan efek seperti beberapa kumpulan kuntum bunga layaknya permata yang bening. Sehingga tidak aneh kalau lampu ini muncul di Southeby untuk dilelang.



Nama : Daum Crystal Chandelier 448 Roses
Produsen : Cristallerie Daum
Negara : Perancis
Harga : US$ 1.760.000 (Jika kurs $1 = Rp 13.200, maka nilainya setara Rp 23,23 miliar)

Keterangan : - Pabrik Daum sudah berdiri sejak 1878 dan hingga kini perusahaan tersebut masih kokoh berdiri. Seni kaca yang dihasilkan oleh Cristallerie Daum selalu dibubuhi tanda tangan dengan inisial P.d’Avesn, Lorrain atau Val. Maha karya tertinggi pabrik Daum adalah sebuah overlay kaca yang pembuatannya bekerja sama dengan Louis Majorelle, seorang seniman perunggu.

- Daum Crystal Chandelier 448 Roses sendiri adalah chandelier modernis yang benar-benar unik. Terdiri dari 448 mawar Kristal khas Daum yang halus dan menarik, sehingga disamping berfungsi sebagai penerang juga karena keindahannya bisa menginspirasi seseorang untuk berbuat sesuatu.

- Dengan tinggi 81,9 inci dan lebar 41,5 inci, Daum Crystal 448 menyuguhkan keunikan di setiap bagiannya. Karena tidak ada dua Kristal yang sama persis.



Nama : Kuwaiti Mall Chandelier
Produsen : Dale Chihuly
Negara : Amerika
Harga : US$ 1.800.000 (Jika kurs $1 = Rp 13.200, maka nilainya setara Rp 23,76 miliar)

Keterangan : - Lampu hias Kuwaiti Mall Chandelier adalah maha karya Dale Chihuly, seniman pemahat kaca yang juga seorang pengusaha Amerika. Seperti namanya, tempat lilin raksasa yang terbuat dari Kristal ini berada di 360 Mall, Kuwait.

- Sayangnya, lampu hias yang khusus diciptakan sebagai ungkapan atau ekspresi dari kemewahan, dan sesuatu yang memberi nilai sensasi luar biasa ini, telah dihancurkan oleh seorang pemuda yang dengan sengaja melemparkan sepatunya ke arah lampu tersebut.

- Saya tidak mengira kalau sepatu saya ini bisa menghancurkan lampu yang tergantung eksotis, begitu alasan si pemuda tersebut ketika diinterogasi oleh pihak berwajib di Kuwait.



Nama : Pink Lotus Tiffany Lamp
Produsen : Louis Comfort Tiffany and Associated Artists
Negara : Amerika
Harga : US$ 2.800.000 (Jika kurs $1 = Rp 13.200, maka nilainya setara Rp 36,96 miliar)

Keterangan : - Lampu termahal di dunia adalah Pink Lotus yang dilelang di Rumah Lelang Christie pada 12 Desember 1997. Lampu ini terjual dengan harga US$ 2,8 juta, kemudian dijuluki sebagai lampu termahal di dunia. Pink Lotus dibuat oleh Perusahaan Tiffany yang didirikan Louis Compfort Tiffany.

- Awalnya Tiffany hanya membuat dekorasi kaca yang indah, seiring dengan raihan popularitasnya, Tiffany kemudian mengembangkan usahanya menggarap lampu hias istimewa dan sangat langka. Mulai dari pemilihan bahan kayu, pembentuk logam, desainer hingga produsen kaca, semua dipilih dan ditentukan oleh Tiffany sendiri, sehingga hasilnya pun menimbulkan kekaguman luar biasa.

- Lampu Pink Lotus sendiri terbuat dari 2000 potongan kaca terpecah yang cantik, lalu dibungkus denga teknik foil tembaga dan timbal yang disolder secara ersamaan. Penyangganya terbuat dari perunggu denga pola mosaik kemudian ditanam kaca patri. Bentuk delapan bunga teratai yang tumpang tindih kemudian membentuk lampu indah ini.

Tag : Unik
0 Comments for "Inilah 5 Lampu Kristal Termahal di Dunia"

*Berkomentarlah yang Baik dan Sopan
*Silahkan Beri Tanggapan Sesuai Topik Artikel diatas
*Dilarang SPAM dan Menyertakan Link Aktif

Back To Top