Kenali Virus Zika Sedini Mungkin, Berikut Gejala dan Cara Untuk Mencegahnya

Beberapa minggu ini serangan Wabah virus Zika membuat beberapa negara kelabakan seperti yang terjadi di negara singapura tak terkecuali di indonesia sendiri yang beberapa pekan ini pemerintah indonesia sudah mewaspadai akan serangan virus Zika ini. Bahkan ada beberapa negara yang mengeluarkan travel warning untuk menghimbau warganya supaya tidak mengunjungi negara-negara yang sedang terjangkit virus Zika.

Mungkin dari bertanya Sebenarnya, dari mana asal virus Zika tersebut? Virus Zika ditemukan pertama kali pada seekor monyet resus di Uganda pada tahun 1947. Setelahnya pada tahun 1954, ditemukan penjangkitan virus tersebut kepada manusia, dan sejak tahun 2007, virus Zika mulai menyebar di kawasan luar Afrika dan Asia. Penemuan virus Zika di Indonesia terjadi tahun 2015 lalu di Jambi.

Berikut ciri-ciri Seseorang yang terjangkit virus Zika akan mengalami gejala umum, seperti sakit kepala, nyeri di belakang mata serta rasa lelah. Gejala ini akan berlangsung sekitar seminggu, yang dilanjutkan dengan mata merah, kulit berbintik hingga nyeri sendi dan otot. untuk lebih jelasnya silahkan simak infografis dibawah.


Virus Zika sangat berbahaya bagi anak-anak, Selain bisa menyebabkan Microcephaly atau kepala mengecil serta cacat otak, virus ini bisa menyebabkan gangguan pendengaran pada anak.

Bagaimana cara agar terhindar dari virus Zika? Paling gampang adalah dengan tak mengunjungi negara-negara yang sedang terjangkit virus tersebut, serta selalu gunakan repellant atau lotion penangkal nyamuk.

Jika akan tidur, pastikan seluruh kamar tertutup rapat, atau pakai kelambu sehingga nyamuk tak dapat masuk. Jika kamu sedang hamil, penting untuk melakukan tes virus Zika setelah bepergian, apalagi jika mendapati gejala-gejala seperti di atas.

Tag : Sehat
0 Comments for "Kenali Virus Zika Sedini Mungkin, Berikut Gejala dan Cara Untuk Mencegahnya"

*Berkomentarlah yang Baik dan Sopan
*Silahkan Beri Tanggapan Sesuai Topik Artikel diatas
*Dilarang SPAM dan Menyertakan Link Aktif

Back To Top