12 Tempat Wisata Ciamik Ini Ternyata Dulunya Bekas Area Penambangan


Indonesia memang memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah, banyaknya pemanfaatan dari SDA ini tidak boleh terlalu berlebihan. Sebab pengambilan SDA yang banyak dilakukan di hutan seperti tambang, sawit, karet, dan sumber lainnya bisa saja menghilangkan kebudayaan lokal yang ada di sekitarnya.

Eksplorasi ini kemudian berdampak pada masyarakat adat yang ada di hutan atau sebuah kawasan eskplorasi. Masyarakat lokal ini terpakasa tersingkirkan dengan keberadaan ekplorasi yang tak mengindahkan keberadaan mereka.

Namun seriring dengan berjalannya waktu, luka yang dihasilkan dari eksploitasi alam itu menjadi tempat wisata unik yang mengundang banyak wisatawan.

Brown Canyon / Grand Canyon ala Semarang


Grand Canyon yang megah di Amerika memang sebuah pahatan alam super memukau tentu membuat siapa saja ingin melihatnya lebih dekat. Namun, bukan tak mungkin kalian bisa menjajal foto berlatar belakang Grand Canyon di Indonesia. Brown Canyon, merupakan tempat yang menjadi lokasi penambangan aktif ini bukanlah tempat wisata atau bentukan alam, melainkan kegiatan penambanganlah yang menjadikan spot unik yang berada di perbatasan Semarang-Demak ini menjadi terbentuk bak Grand Canyon. Para anak muda banyak yang mengunjungi Brown Canyon yang tepatnya berada di Rowosari, Tembang, Semarang ini. Bukan hanya menarik untuk dipandang, akan tetapi lokasi inipun sangat instagenic dan cocok untuk mereka yang hobi berfoto.

Bukit Jaddih, Bangkalan Madura

Tak disangka-sangka, ada mata air di bawah lokasi penggalian batu kapur di Bukit Jaddih, Socah, Bangkalan Madura. Hal ini menyebabkan kubangan bekas galian tersebut kini terisi air dan dijadikan kolam renang alam seluas 10×6 meter di tengah penambangan kapur. Selain dibukanya wisata kolam renang untuk umum, di sini juga terdapat spot berfoto yang unik dengan berlatarkan pemandangan Bukit Jaddih.

Bukit Jamur, Gresik

Berada di dunia Mario Bross dengan deretan jamurnya? Pasti seru, ya! Tapi jamur yang ini super raksasa, loh! Temukan keindahan uniknya di Bukit Kaliwot, Bungah, Gresik, Jawa Timur. Lokasi yang sering digunakan untuk pre-wedding ini memang terbentuk dari galian tambang yang dulu beroperasi di tahun 1992. Dengan ditutupnya kegiatan penambangan di tahun 2008 ini menjadikan Bukit Jamur sebagai lokasi berwisata yang dibuka untuk umum sejak tahun 2010. Bentuk jamur yang terbentuk karena kerukan vertikal ini memiliki tinggi 2 meter, sampai ada yang 7 meter!

Tambang Mbah Suro, Sawahlunto, Sumatera Barat

Berwisata ke perut bumi? Rasanya mungkin sedikit menyeramkan. Namun, bisa jadi ini merupakan pengalaman menarik untuk dijelajahi. Terdapat terowongan sepanjang 185 meter di Sawahunto, Sumatera Barat yang akan membuat kalian menjadi seorang penambang batubara ataupun kalian bisa mendapatkan ide foto menarik di sana. Tertarik untuk menelusurinya?

Danau Kaolin di Belitung

Keindahan negeri Laskar Pelangi ternyata tidak hanya terletak pada pantainya. Danau nan elok dengan air berwarna biru toska ini merupakan bekas tambang Kaolin di Perawas, Tanjungpandan, Belitung. Danau Kaolin menampakkan sebuah keindahannya untuk menutupi ‘luka’ akibat eksploitasi. Para wisatawan banyak yang berkunjung ke danau ini untuk berburu foto, terutama pada momen matahari terbit dan tenggelam.

Tebing Breksi di Jogja

Tebing indah yang berada di Sambirejo, Prambanan, Sleman, Jogjakarta ini ternyata merupakan bentukan dari lava dari Gunung Api Purba yang menggumpal dengan melewati proses jutaan tahun lamanya. Lokasi yang dulunya merupakan area penambangan itu kini sudah disulap menjadi spot nongkrong anak muda Jogja dan menjadi Geoheritage Candi Ijo yang perlu dilindungi dan dilestarikan.

Danau Blingoh di Jepara

Jepara memang sangat terkenal dengan Karimun Jawanya, namun ada satu spot wisata lain yang juga bisa kalian kunjungi. Danau berwarna hijau toska nan cantik ini disebut Danau Blingoh yang terletak di Kecamatan Donorejo, Jepara. Danau ini juga menawarkan keindahan panorama berupa tebing tinggi bekas galian serta pepohonan yang rimbun. Keunikan spot yang ternyata bekas penambangan kapur ini memang menarik dan instagenic untuk dijadikan latar belakang foto.

Telaga Biru Cigaru, Tangerang

Bekas penambangan di Tangerang ini rasanya lain daripada yang lain. Sebab, terselip kisah dibalik indahnya warna air di Telaga Biru Cigaru ini. Mitosnya, danau ini dihuni oleh Ratu Pelangi yang menjadikan warna danau menjadi sedemikian rupa. Namun hal tersebut tidak menjadikan Telaga Cigaru sepi pengunjung. Mereka yang penasaran nyatanya tetap berwisata kemari.

Danau Quarry! di Bogor

Bogor memang salah satu kota yang punya banyak spot wisata ciamik. Ternyata Bogor pun memiliki bekas galian tambang yang membentuk sebuah objek wisata nan indah, Danau Quarry. Tak heran, banyak anak muda khususnya yang tinggal di Bogor penasaran lantas mengunjungi panorama danau hijau di daerah Rumpin, Kabupaten Bogor ini. Bahkan, danau ini pun sangat instagenic! Cocok untuk kalian yang hobi berfoto.

Telaga Ngipik di Gresik

Jika kalian berkunjung ke Gresik, terdapat dua lokasi penambangan yang kini menjadi tempat wisata. Uniknya Bukit Jamur mungkin menjadi daya tarik bagi warga Gresik, tapi selain itu masih ada bekas penambangan semen Gresik yang letaknya di tengah kota. Telaga Ngipik, lokasi bisa menjadi pilihan lain jika kalian ingin santai sambil memancing ataupun berfoto-foto.

Puthuk Krebet, Tulungagung

Telaga Tiga Warna, ini adalah sebutan lain dari danau Puthuk Krebet yang terletak di Desa Panggunguni, Kecamatan Pucanglaban, Tulungagung ini. Memang lokasi bekas galian pertambangan tembaga ini sudah berubah menjadi lubang-lubang yang tergenangi air masing-masing berwarna hijau toska, hijau lumut dan coklat kehitaman.

Danau Loa Bakung, Samarinda

Danau Cermin, begitulah masyarakat sekitar menamai Danau Biru Loa Bakung di Samarinda ini. Memang, disebut Danau Cermin karena danau tersebut begitu bening dan berwarna biru terang serta dapat memantulkan objek bak sebuah cermin. Danau indah ini juga dulu merupakan salah satu bekas penambangan, yakni penambangan batu bara.

Tag : Unik
0 Comments for "12 Tempat Wisata Ciamik Ini Ternyata Dulunya Bekas Area Penambangan"

*Berkomentarlah yang Baik dan Sopan
*Silahkan Beri Tanggapan Sesuai Topik Artikel diatas
*Dilarang SPAM dan Menyertakan Link Aktif

Back To Top