Ini Dia Alasanya Film Bollywood Selalu Ada Adegan Menari dan Bernyanyi


Bollywood adalah produsen film terbesar di India sekaligus salah satu produsen film terbesar di dunia. Salah satu yang cukup identik dengan adegan dalam film Bollywood adalah tarian dan nyanyian. Biasanya ada satu scene, di mana pemeran film bernyanyi dan menari.


Bahkan mungkin bagi orang Indonesia sering berseloroh film India sangat khas dengan adegan berkejaran di taman sambil bernyanyi lagu romantis. Tapi tahukah Anda mengapa film atau serial India sering menyertakan nyanyian dan tarian dalam adegan mereka dikarenakan masyarakat India sudah sangat dekat dengan musik.

Bagi mereka bahkan musik dianggap sebagai identitas nasional. Begitupula dengan tarian, negara India memiliki berbagai tarian indah, mulai tarian rakyat, tarian klasik, hingga tarian sosial. Sejarah mencatat, film Bollywood pertama yang sudah disertai suara menampilkan lebih banyak nyanyian ketimbang dialog.

Sebanyak tujuh lagu diputar dalam film hitam-putih bergenre drama yang diputar pada 1931 itu. Saat film hitam-putih masih berjaya, lagu dan tarian lebih disukai daripada jalan ceritanya.

Kemudian pada tahun 1970-an, masyarakat sudah banyak memiliki televisi di rumah. Alhasil akses mereka terhadap lagu lebih mudah.

Lalu mengapa musik dan tarian hingga kini masih bertahan?
Alasannya adalah tradisi yang bercampur dengan marketing. Musik dan tarian dianggap oleh produser film sebagai alat marketing menarik perhatian publik.

Keduanya tidak bisa lepas dari Bollywood, sebagaimana adegan c1uman dalam film Hollywood. Hal ini diamini oleh Duta Besar India untuk Indonesia, Gurjit Singh. Dalam wawancaranya bersama sebuah media online, ia mengatakan musik dan tari adalah unsur penting dalam perfilman India. "Di Bollywood menari dan menyanyi itu mempersentasikan budaya india, hal ini mencontohkan imajinasi dari bangsa India itu sendiri," kata Gurjit.

"Musik menjadi bagian penting dalam film Bollywood, selain menghibur, musik juga menceritakan isi film itu sendiri," imbuh Gurjit.

Ia juga mengatakan tarian dan nyanyian sudah menjadi cara masyarakat India mengharmonisasikan setiap hidup mereka. Tetapi bukan berarti di setiap kegiatan harus diselingi tari dan nyanyian.

Tag : Artis
0 Comments for "Ini Dia Alasanya Film Bollywood Selalu Ada Adegan Menari dan Bernyanyi"

*Berkomentarlah yang Baik dan Sopan
*Silahkan Beri Tanggapan Sesuai Topik Artikel diatas
*Dilarang SPAM dan Menyertakan Link Aktif

Back To Top