5 Kapal Induk Paling Tangguh Sepanjang Sejarah

Kapal induk atau kapal perang yang dapat memuat pesawat tempur dalam jumlah besar. Tugasnya adalah memindahkan kekuatan udara ke dalam armada angkatan laut sebagai pendukung operasi-operasi angkatan laut. Selain itu juga digunakan sebagai pusat komando operasi dan sebagai kekuatan detterence atau memberikan efek gentar pada lawan. Sebagai kapal yang membawa pesawat, kapal induk memiliki fleksibilitas tempur yang lebih tinggi dibanding jenis kapal perang lainnya. Selain kegunaan tempur, kapal induk juga memiliki fungsi-fungsi lain seperti pengintaian, superioritas udara, atau memberikan bantuan.

Kapal induk pertama memasuki layanan pada akhir Perang Dunia I, ketika Royal Navy mengkonversi beberapa kapal perang besar menjadi lapangan udara mengambang. Selama periode antar perang, Jepang dan Amerika Serikat juga melakukan hal serupa. Dalam beberapa bulan dari awal konflik pada bulan September 1939, kapal induk membuktikan sebagai platformpenting dalam berbagai tugas maritim.

Pada akhir 1941, kapal induk dominan di dunia dan terus berkembang hingga saat ini. Dan inilah lima kapal induk paling mematikan yang pernah dan masih wira-wiri di laut.


Angkatan Laut AS mengkonversi battlecruiser Lexington dan Saratoga dengan tujuan-untuk melengkapi USS Ranger. Pengalaman dengan ketiga kapal ini menunjukkan kapal selanjutnya harus lebih besar serta memiliki persenjataan anti-pesawat yang berat. Konsep ini kemudian melahirkan USS Yorktown dan USS Enterprise, yang bersama dengan adik ketiga mereka (USS Hornet) memainkan peran penting dalam menghentikan Angkatan Laut Kekaisaran Jepang di tahun 1942. Mereka mampu berlayar dengan kecepatan 33 knot, seberat 24.000 ton dan bisa membawa sampai 90 pesawat.

USS Hornet dan USS Yorktown hilang dalam pertempuran 1942. Dan USS Enterprise terus bertempur di semua perang. Kapal ini membantu mencari armada Jepang dan melakukan serangan dalam bulan-bulan awal perang. Bersama Hornet pada pertempuran Doolittle, dia membantu menenggelamkan empat Flattops Jepang pada Pertempuran Midway. Dia mengisi peran penting selama Pertempuran Guadalcanal dan sejumlah pertempuran lain.

Enterprise dengan armada tempurnya menjadi inti dari serangan balik yang akan menggulung Jepang di Pasifik. Enterprise bertempur di Laut Filipina dan Teluk Leyte, membantu untuk menghancurkan jantung penerbangan angkatan laut Jepang. Dia bertugas menjadi penyapu terakhir melawan Jepang pada tahun 1945 hingga pesawat kamikaze Jepang mengakibatkan kerusakan parah pada bulan Mei. Kapal ini kembali ke layanan setelah perang berakhir, ia membantu membawa pulang tentara Amerika ke rumah dalam Operasi Magic Carpet. Enterprise adalah kapal yang paling dihormati angkatan laut selama Perang Dunia II, namun upaya melestarikan pasca perang gagal, dan kapal induk dihancurkan pada tahun 1960.


Antara September 1939 dan April 1942, Royal Navy kehilangan lima dari tujuh kapal induk pra-perang. HMS Illustrious dan tiga saudara mengisi kesenjangan ini. Ditetapkan pada tahun 1937, Illustrious dilengkapi dengan dek lapis baja, sebuah inovasi yang menjadikan kapal ini lebih kuat dibanding kapal Amerika dan Jepang. Menggusur berat 23.000 ton, Illustrious bisa melaju 30 knot dan membawa 36 pesawat.

Prestasi besar pertama Illustrious datang pada bulan November 1940, ketika bersama Swordfish menyerang kapal perang dari angkatan laut Italia di Taranto. Serangan berhasil menenggelamkan atau merusak tiga kapal perang Italia. Illustrious menghabiskan beberapa bulan selanjutnya untuk melakukan penggerebekan di Mediterania dan evakuasi Yunani. Dalam perjalanan yang terakhir, ia selamat dari gempuran bomber Jerman.

Setelah menerima perbaikan di Amerika Serikat, Illustrious dioperasikan melawan Jepang di Samudera Hindia. Dia kembali ke teater Eropa pada tahun 1943, membuat serangan tambahan ke Norwegia dan mendukung pendaratan Sekutu di Italia. Kemudian Illustrious kembali ke Pasifik, di mana bersama kapal induk Amerika dia menjadi ujung tombak Royal Navy dalam kontra-ofensif di Asia Tenggara. Setelah selamat dari serangan kamikaze, ia kembali ke Inggris dan akhirnya menjadi kapal latih sebelum dipensiun pada tahun 1957.


Zuikaku mewakili puncak pembangunan induk Jepang pra-perang. Seiring dengan adiknya Shokaku, Zuikaku menjadi kapal induk cepat, besar dan modern. Menggusur 32.000 ton dan mampu membawa 72 pesawat, Zuikaku bisa melaju 34 knot.

Ukuran dan modernitas dari operator berarti bahwa mereka bisa menangani tempo operasional yang lebih besar di awal perang. Setelah serangan Pearl Harbor, mereka berpartisipasi dalam pertempuran di Samudra Hindia, membantu menenggelamkan kapal induk Hermes Inggris dan beberapa kapal lainnya. Setelah itu, Zuikaku dan adiknya dikerahkan ke Port Moresby untuk menutupi pendaratan Jepang yang dikenal dengan menjadi Pertempuran Laut Coral. Zuikaku bertahan tidak rusak, dan memberikan kontribusi terhadap tenggelamnya USS Lexington, tetapi karena kurangnya pesawat tidak bisa berpartisipasi dalam Pertempuran Midway.

Zuikaku terus menjadi inti dari armada kapal induk Jepang sampai tahun 1944, berpartisipasi dan bertahan dalam pertempuran Guadalcanal (di mana kapal itu membantu menenggelamkan USS Hornet) dan Pertempuran Laut Filipina. Pada bulan Oktober 1944, pasokan pesawat dan pilot hampir sepenuhnya habis. Pada Pertempuran Leyte Gulf, Zuikaku dan kapal induk operator lainnya dijadikan umpan untuk kapal perang dan kapal induk Halsey, memikat mereka jauh dari pusat serangan Jepang. Kapal terakhir yang selamat dari serangan Pearl Harbor, Zuikaku tenggelam di bawah rentetan bom dan torpedo.


USS Midway memasuki layanan pada bulan September 1945, tak lama setelah berakhirnya perang melawan Jepang. Dia memiliki bobot 45.000 ton, bisa melaju 33 knot, dan bisa membawa sekitar 100 pesawat. Midway dan adik-adiknya merupakan langkah bessar setelah kapal induk kelas Essex yang telah memenangkan Perang Pasifik, dan berjanji untuk memperkenalkan era baru penerbangan angkatan laut

Setelah komisioning, Midway menjadi kapal induk paling mematikan di dunia. Kekuatan ofensif kelompok udaranya melebihi kapal kelas Essex. Dengan bomber berbasis kapal induk A-2 Savage, Midway dan adik-adiknya menjadi satu-satunya operator di dunia yang mampu membawa senjata nuklir.

Midway mengalami modifikasi ekstensif selama karirnya hingga akhirnya mengakuisisi dek penerbangan miring dan inovasi lainnya. Meskipun ia tidak ikut dalam Perang Korea, Midway dioperasikan di Vietnam. Dia memainkan peran penting dalam Perang Teluk tahun 1990. Kala itu ukurannya sudah relative lebih kecil dibanding supercarriers yang lebih modern. Tetapi hal ini memberikan kelebihan dalam maneuver. Layanan Midway berakhir pada tahun 1992, setelah membawa sejarah panjang penerbangan angkatan laut dari F6F Hellcat hingga F / A-18 Hornet.


Sepuluh kapal induk nuklir kelas Nimitz telah menjadi modal Amerika dalam mendominasi laut sejak mereka mulai memasuki layanan pada akhir 1970-an. Dibangun selama rentang hampir 35 tahun, kelas ini terus memberikan inti dari kekuatan angkatan laut Amerika. Di antara yang paling aktif dari kelas Nimitz adalah USS Theodore Roosevelt yang merupakan kelompok tempur kapal induk kedua. Roosevelt memasuki layanan pada tahun 1986; dengan bobot lebih dari 100.000 ton, membawa antara 75-80 pesawat, dan dapat melaju pada kecepatan tertinggi 30 knot.

Roosevelt menjadi kapal yang terlibat sejumlah perang di era pasca Perang Dingin-. Pada tahun 1991 ia meluncurkan serangan terhadap Irak selama Operasi Badai Gurun. Pada tahun 1999, kapal ini dilakukan serangan di Kosovo dan Serbia dalam pelayanan Operasi Angkatan Sekutu. Setelah serangan 11 September, Roosevelt dikerahkan ke Timur Tengah dan berpartisipasi dalam sorti pertama melawan Taliban dan Al Qaeda dalam Operasi Enduring Freedom. Dua tahun kemudian, pesawat terbang dari kapal induk ini kembali menggempur Irak di hari-hari pertama Operasi Kebebasan Irak. Setelah perbaikan rutin, Roosevelt melancarkan serangan terhadap Afghanistan dan Irak di bagian akhir dekade ini. Baru-baru ini, Roosevelt membantu blokade pelabuhan Yaman terhadap tersangka konvoi senjata Iran.

Roosevelt telah mengalami modifikasi besar. Kapal ini rencananya akan meninggalkan layanan 2035 yang berarti Roosevelt akan menjalani karier cemerlangnya Selma 50 tahun.

Tag : Militer
0 Comments for "5 Kapal Induk Paling Tangguh Sepanjang Sejarah"

*Berkomentarlah yang Baik dan Sopan
*Silahkan Beri Tanggapan Sesuai Topik Artikel diatas
*Dilarang SPAM dan Menyertakan Link Aktif

Back To Top