9 Negara di Eropa Yang Bisa Kamu Kunjungi Tanpa VISA!

Benua Eropa merupakan salah satu benua paling populer di dunia. Negara-negaranya menjadi destinasi yang tidak pernah kehilangan pesona dan selalu disesekaki wisatawan. Banyak orang berencana datang ke sana tapi seringkali proses persiapan sebelum terbang ke Eropa, khususnya pengajuan / pembuatan visa membuat sebagian orang merasa kerepotan dan akhirmya mengurungkan niat untuk liburan ke sana.

Jika agan berkeinginan wisata ke Eropa tapi enggan direpotkan oleh pembuatan visa Schengen, maka agan bisa berkunjung ke beberapa negara di Eropa yang memberlakukan bebas visa bagi pemilik paspor Indonesia. Tertarik? Ini daftarnya.

1. Armenia

Bermodalkan paspor Indonesia, agan hanya membutuhkan visa on arrival (VoA) yang dapat langsung diurus sesampainya di bagian imigrasi Zvartnots International Airport. Visa ini memungkinkan aganberada di Armenia hingga 120 hari kunjungan.

Selagi berada di negara leluhur Kim Kardashian ini, terdapat beberapa lokasi di Armenia yang wajib dikunjungi. Agan bisa memulai perjalanan dari Yerevan (ibu kota Armenia), yang merupakan kota paling kuno di dunia. Lalu, agan dapat berkunjung ke Geghard yang merupakan biara peninggalan zaman Medieval yang masuk dalam daftar UNESCO World Heritage Site dan Khor Virap, sebuah biara di kaki Gunung Arafat yang sering dijadikan lokasi ziarah. Lengkapi kunjungan di Armenia dengan mencoba Wings of Tatev yang tercantum di Guinness Book World of Record sebagai kereta gantung terpanjang di dunia.

2. Kosovo

Negara cantik yang baru merdeka di tahun 2008 ini menyimpan sejumlah destinasi memukau dengan panorama luar biasa. Jika berwisata ke Kosovo, pastikan agan mengeksplorasi Prizren, kota tua bersejarah berisikan istana dan beragam bangunan peninggalan Ottoman dan Byzantium, hiking di Rugova yang indah, mengunjungi beragam museum menarik di kota Pristina, serta berbelanja dan berinteraksi dengan warga lokal di Cheese Market. Jika agan memiliki paspor diplomatik/paspor dinas, atau memiliki residence permit dari salah satu negara Schengen, atau memiliki visa multiple entry Schengen yang masih berlaku, agan mendapatkan fasilitas bebas visa di Kosovo selama maksimal 15 hari.

3. Serbia

Mulai November 2014, pemegang visa Schengen atau Amerika Serikat yang masih valid ataupun agan yang memiliki izin tinggal di wilayah itu bisa berkunjung ke Serbia tanpa visa hingga 90 hari lamanya dalam periode 180 hari. Perlu diingat bahwa visa yang agan miliki harus tetap valid selama periode tinggal agan di Serbia.

Ketika berada di Serbia, kunjungi Belgrade Fortress yang merupakan sebuah kastil megah dilengkapi dengan Kalemegdan Park yang indah, kota Novi Sad yang berada di tepi Sungai Danube, kota klasik Subotica yang dihiasi banyak bangunan cantik. Sempurnakan kunjungan di Serbia dengan menjelajah Drvengrad, sebuah desa tradisional yang awalnya dibangun untuk kebutuhan syuting film Life is a Miracle.

4. Andorra

Andorra berlokasi di tengah Spanyol dan Prancis. Di musim dingin, negara kecil ini merupakan lokasi terbaik untuk menikmati salju dan bermain ski. Jika berkunjung di musim panas, agan dapat mengelilingi kota Andorra la Vella yang dikenal sebagai surga belanja dan surga bagi pencinta bangunan klasik, hiking di Rec del Sola, berfoto di jembatan tua La Margineda, hingga menikmati suasana tenang di pedesaan La Massana. Bermodalkan paspor Indonesia, agan dapat memanfaatkan kebijakan bebas visa di Andorra yang berlaku untuk 9 hari kunjungan. Tapi perlu diingat, walaupun agan tidak memerlukan visa untuk masuk ke Andorra, tapi agan tetap membutuhkan visa Schengen (multiple-entry) untuk masuk ke Spanyol atau Prancis, salah satu jalan untuk masuk ke Andorra.

5. Georgia

Georgia berada di persimpangan Eropa dan Asia. Negara ini menghadirkan banyak destinasi alam yang akan membuat agan takjub. Beberapa tempat wajib kunjung di Georgia adalah gua Vardzia, desa bersejarah Svaneti yang memiliki pemandangan cantik, kota warna-warni Tbilisi, kota Stepantsminda dengan Gergeti Trinity Church yang berlokasi di atas bukit, hingga kota Batumi yang gemerlap. Pemilik paspor diplomatik/dinas dan pemilik visa Schengen atau Amerika Serikat yang masih valid, dapat menikmati fasilitas bebas visa ke Georgia.

6. Turki

Bagi pemilik paspor diplomatik/dinas, agan mendapatkan fasilitas bebas visa selama maksimal 30 hari. Bagi pemegang paspor biasa, agan perlu mengurus eVisa.

Selagi berada di Turki, agan wajib naik balon udara di Cappadocia, berkeliling kota Selcuk untuk menikmati peninggalan sejarah di masa romawi dan Yunani kuno, berendam di Pamukkale, berbelanja di Grand Bazaar yang merupakan pasar tertua di dunia, dan berkunjung ke kota penghasil wine Sirince.

7. Kroasia

Kroasia adalah surga bagi para pemburu wisata alam yang indah. Jika berwisata ke Kroasia, pastikan Anda mengunjungi tempat berikut: Dubrovnik, kota tua cantik di pinggir laut yang selalu membuat wisatawan terpana, air terjun dan danau di Plitvice Lakes National Park yang menakjubkan, pantai Zlatni Rat yang cantik dan menjadi lokasi tepat untuk bersantai, Hvar Town yang glamor, Vis Island yang tenang hingga kota Zagreb yang hidup. Pemilik paspor diplomatik dan paspor dinas dapat langsung terbang ke Kroasia dan mendapat durasi waktu berkunjung selama 14 hari.

8. Rusia

Pemegang paspor dinas dan paspor diplomatik mendapat kemudahan akses berkunjung selama 14 hari di Rusia tanpa perlu mengurus visa. Jika agan juga adalah pemegang APEC Business Travel Card dan berkunjung Rusia untuk tujuan bisnis, agan pun tidak perlu mengurus visa. Bagi pemilik paspor biasa, Rusia menawarkan fasilitas bebas visa bagi agan yang ingin menonton Piala Konfederasi 2017 atau Piala Dunia 2018 dengan syarat memiliki “Fan ID” yang bisa didapatkan di sini.

Setibanya di sana, manfaatkan waktu yang agan punya dengan berkunjung ke danau Burlinskoye yang berwarna pink, berfoto di Red Square dan menjejalahi beragam bangunan menarik yang menyebar di Moscow, bertualang di Kamchatka Peninsula yang keindahannya sangat memukau, bersantai di Olkhon Island, mengintip kehidupan menarik di Tuva, hingga mendaki Gunung Elbrus.

9. Belarus

Per tanggal 12 Februari 2017, WNI pemegang paspor biasa mendapatkan fasilitas bebas visa ke Belarus selama masuk dari Bandara Internasional Minsk dengan jangka waktu tinggal selama maksimal 5 hari. Namun kebijakan ini tidak berlaku jika agan terbang dari salah satu bandara di Rusia menuju Belarus atau akan terbang ke Rusia setelah dari Belarus.

Manfaatkan waktu kunjungan agan di Belarus dengan melakukan jelajah arsitektur lewat beragam bangunan klasik di kota Minsk, melihat megahnya Brest Fortress, bertualang di Belovezhskaya Pushcha National Park, dan berfoto di Mir Castle Complex.

Tag : Ragam
0 Comments for "9 Negara di Eropa Yang Bisa Kamu Kunjungi Tanpa VISA!"

*Berkomentarlah yang Baik dan Sopan
*Silahkan Beri Tanggapan Sesuai Topik Artikel diatas
*Dilarang SPAM dan Menyertakan Link Aktif

Back To Top