Ritual Paling "Serem" Yang Dilakukan Suku Pedalaman Indonesia

Indonesia terkenal akan keaneragaman budaya yang banyak tersebar di berbagai daerah dari sabang sampai merauke, Indonesia sendiri merupakan negara kepulauan yang memiliki beragam budaaya. Dikutip dari akun instagram @wrongarea, dari sekian banyak tradisi di Indonesia, beberapa di antaranya merupakan ritual yang ekstrem.

1. Tradisi Potong Jari

Ikipalin adalah tradisi potong jari yang dilakukan oleh masyarakat suku Dani, Papua. Tradisi ini dilakukan sebagai rasa kesedihan ketika ada saudara yang meninggal.

2. Debus

Debus merupakan tradisi yang menguji kekebalan fisik yang berasal dari Banten. Tradisi ini sudah ada sejak masa penjajahan Belanda, yang bertujuan untuk memupuk keberanian rakyat pada masa itu.

3. Kerik Gigi

Tradisi Kerik Gigi dilakukan oleh perempuan suku Mentawai sebagai simbol kedewasaan. Gigi dikerik menggunakan kayu atau alat besi tanpa menggunakan bius. Selain simbol kedewasaan, tradisi ini dilakukan perempuan suku Mentawai sebagai simbol kecantikan.

4. Ngayau

Ngayau merupakan salah satu tradisi mengerikan dari suku Dayak. Tradisi memburu kepala musuh dilakukan ketika suku Dayak mempertahankan wilayahnya dari serangan musuh. Tidak semua masyarakat Dayak bisa melakukan tradisi ini. Menurut mereka, mengayau musuh dapat terhindar dari gangguan roh yang bergentayangan.

Tag : Unik
0 Comments for "Ritual Paling "Serem" Yang Dilakukan Suku Pedalaman Indonesia"

*Berkomentarlah yang Baik dan Sopan
*Silahkan Beri Tanggapan Sesuai Topik Artikel diatas
*Dilarang SPAM dan Menyertakan Link Aktif

Back To Top